Meski Sudah Diresmikan, Jembatan Baru Bisa Dilalui Malam Tahun Baru 2019

PANMAS, planetdepok.com- Meskipun peresmian Jembatan Pitara di Kecamatan Pancoran Mas (Panmas) sudah dilakukan Wali Kota Depok Mohammad Idris, namun jembatan baru bisa dilalui pada awal tahun atau per 1 Januari 2019. Hal ini dikarenakan masih adanya penyempurnaan pekerjaan yang harus dilakukan pihak kontraktor.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa meresmikan Jembatan Pitara. Secara konstruksi, ini sudah selesai, namun jembatan baru bisa dilalui oleh mobil pada 1 Januari 2019. Untuk motor, senin besok (24/12) insya allah sudah bisa digunakan,” ujar Wali Kota Depok Mohammad Idris, usai menandatangani prasasti peresmian Jembatan Pitara, Kecamatan Panmas, Jumat (21/12/18).

Hal tersebut, lanjutnya, sudah disepakati oleh warga sekitar. Mengingat, pembangunan jembatan memiliki masa uji coba sampai layak untuk digunakan pengguna jalan.

Idris memastikan bahwa Jembatan di Jalan Pitara, Kecamatan Pancoranmas bisa digunakan pada malam tahun baru yakni 31 Desember.  Sebab, jembatan itu sudah 99,95 persen pekerjaan kontruksinya.

“Belum bisa digunakan sekarang ini. Belum selesai 100 persen, kalau dilihat tinggal dicat supaya cantik dan menarik,” kata Idris

Idris menjelaskan, pengunaan jembatan Pitara ini tentu pertama diperbolehkan untuk kendaraan roda dua, atau motor bisa menggunakan jembatan ini pada hari Senin (24/12/2018) mendatang.

Namun, untuk kendaraan roda empat atau mobil baru bisa melewati jembatan ini pada malam tahun baru. Menurut keterangan, kontruksinya, sambung Idris jembatan ini mampu bertahan selama 10 sampai 20 tahun jika kontruksiknya bagus.

“Kami (Pemkot) juga meminta bantuan ke masyarakat untuk bisa bersabar dan LPM serta warga bisa mengawasi penggunaan jembatan ini,” tuturnya.

Senada, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Manto mengatakan pekerjaan Jembatan Pitara dilakukan sejak akhir Oktober 2018 dan diprediksi rampung pada akhir Desember. Pengerjaan jembatan beserta upritan dilakukan sepanjang 50 meter dengan konstruksi 50 cm lebih tinggi dari bangunan lama dan menelan anggaran Rp 950 juta.

“Setelah dua bulan lamanya, akhirnya Jembatan Pitara rampung dan arus lalu lintas bisa kembali normal pada awal tahun 2019. Mudah-mudahan seluruh masyarakat bisa ikut bersama merawat jembatan ini,” pungkasnya MH

 225 total views,  1 views today

%d blogger menyukai ini: