Hadapi Musim Penghujan, PLN UIT JBB Lakukan Langkah Preventif

Hadapi Musim Penghujan, PLN UIT JBB Lakukan Langkah Preventif
Petugas PLN melakukan pemeliharaan listrik (foto: hum)

Cilegon, Planetdepok.com – PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB), mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, khususnya terkait instalasi kelistrikan rumah tangga.

General Manager PLN UIT JBB Jarot Setyawan mengatakan, PLN mengambil langkah-langkah preventif guna mengamankan pasokan listrik yang andal, kepada pelanggan di tengah hujan yang mulai turun di beberapa wilayah.

“Kami telah menyiapkan langkah preventif, agar pasokan listrik kepada pelanggan tetap andal di tengah potensi hujan yang mulai turun,” kata Jarot melalui keterangan resminya, Jumat (20/9/2024).

Baca Juga:  PLN UIT JBB Sukses Jaga Keandalan Listrik Momen HUT ke-79 RI

Lantaran itu, PLN menghimbau pelanggan untuk lebih waspada, terutama jika terjadi hujan lebat dan banjir.

Jarot juga menjelaskan, PLN telah menyiapkan langkah-langkah preventif lainnya, yaitu dalam pengamanan jaringan transmisi dan gardu induk menghadapi musim penghujan.

Ia jelaskan, pada sisi transmisi ada beberapa langkah yang dilakukan, seperti pembersihan isolator, penguatan pertanahan, dan pemasangan Multi Direct Grounding sebagai upaya meminimalisir terjadinya gangguan akibat petir.

“Pada sisi gardu induk, kami juga telah melakukan beberapa mitigasi, seperti penutupan lubang Marshalling Kiosk (MK), pengecekan kondisi MK dan kotak mekanik, pembersihan saluran air, pengecekan sumur pompa, serta pengecekan ground tank dan watergate,” ujar Jarot.

Baca Juga:  Jelang HUT RI ke-79, PLN UIT JBB Pastikan Listrik Andal Tanpa Padam

Terpisah, Manajer Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Cilegon, Eka Annise Ambarani mengatakan, telah menginstruksikan seluruh jajarannya untuk bersiaga penuh dalam mengamankan jaringan kelistrikan.

Eka juga mengimbau kepada masyarakat yang memiliki pohon di dekat jaringan PLN, agar bersedia untuk memangkas atau merelakan pohon tersebut.

Sehingga, tandasnya, meminimalisir potensi gangguan listrik saat cuaca ekstrem berlangsung.

Baca Juga:  Warga Tlajung Udik Ciptakan Desa Berdaya di bawah SUTET

“Memasuki musim penghujan ini, seluruh personel PLN telah bersiaga untuk mengamankan sistem kelistrikan, terutama pada sisi transmisi dan gardu induk,” utasnya. *iki

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.