Ayah & Bunda PAUD Kota Depok Akan Ketuai RAN PAUD HI

Sri Utomo, Mohammad Idris & Elly Farida (ist)

Sri Utomo, Mohammad Idris & Elly Farida (ist)
BALAIKOTA, PLANETDEPOK.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengikuti webinar Nasional diseminasi Rencana Aksi Nasional (RAN) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif (HI) dan kerangka perawatan pengasuhan anak usia dini, dalam kontribusinya untuk pencegahan stunting, yang diadakan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI dan diikuti seluruh daerah di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan, dalam siklus pembangunan manusia Indonesia, stunting berada pada posisi yang sangat strategis. Selain itu, juga merupakan sektor yang paling hulu.

“Stunting merupakan sektor yang paling hulu dalam pembangunan manusia dan kebudayaan Indonesia. Inilah kemudian kita mencoba menata kembali pembangunan Sumber Daya Manusia, dimulai dari sektor yang paling hulu yaitu 1000 hari awal kehidupan sampai lansia, yaitu hingga 65 tahun,” ujarnya, Rabu (2/3/2022).

Baca Juga:  PTMT SMP Negeri & Swasta di Kecamatan Panmas Dihentikan

Dalam dua tahun terakhir atau selama pandemi Covid-19 berlangsung, tegasnya, angka penurunan stunting relatif cukup baik. Tercatat dari 27,6 persen, saat ini ada di posisi 24, 4 persen, dari target tahun 2024 nanti menjadi 14 persen.

“Artinya, selama dua tahun ini sekitar penurunannya per tahunnya sekitar 1,7 persen. Penghalang selama dua tahun ini adalah ya Covid-19,” jelasnya.

Baca Juga:  30 Pelajar Lolos Seleksi Paskibraka Kota Depok

Jika target Indonesia bebas stunting di tahun 2024 dapat terpenuhi, ungkapnya, maka tahun 2045,akan lahir generasi-generasi emas yang betul-betul bebas dari stunting. Saat itu, dikatakannya, Indonesia akan dipimpin oleh anak-anak yang hebat, baik secara fisik maupun mental.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Sri Utomo, mengapresiasi terselenggaranya acara webinar itu. Menurutnya, itu salah satu bentuk perhatian pemerintah pusat terkait PAUD HI.

“Ada narsum-narsum yang memang memiliki kompetensi yang luar biasa, memberi masukan, agar setiap daerah membuat RAN terkait PAUD HI tersebut,” utasnya.

Baca Juga:  Sabet 7 Piala, SMPN 1 Depok Pertahankan Gelar Juara Umum Lomba Pasanggiri

Nanti, kata dia, Depok akan ketuai oleh Ayah PAUD Kota Depok yaitu Wali Kota Depok, Mohammad Idris dan Bunda PAUD Kota Depok, Elly Farida. *iki

 50 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.