Damkar & Penyelamatan Kota Depok Profesional Melayani & Mendukung AKB

GDC, planetdepok.com – Sesuai dengan tema peringatan HUT ke 102 Pemadam Kebakaran (Damkar) Indonesia pada 1 Maret 2021, yakni Damkar dan Penyelamatan yang Profesional Mandiri dan Melayani dalam Mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok akan selalu profesional melayani dan mendukung AKB.

“Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, dalam upaya kegiatan HUT ke 102 tahun 2021, ingin sesuaikan kebiasaan baru dalam pelaksanaan AKB di Depok”, ujar Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Gandara Budiana, diruang kerjanya, Senin (1/3/21).

Dia menyampaikan, tugasnya bukan hanya pemadaman tapi juga penyelamatan. Walau semakin lama semakin berat tapi tidak menjadi beban.

Baca Juga:  Walikota Depok Paparkan Upaya Pengendalian Tembakau & Pencegahan PTM Dalam APCAT

“Kita jalani saja dengan meningkagkan keahlian dan bekerja secara profesional”, utasnya.

Gandara memaparkan, penyelamatan yang dimaksus seperti mengevakuasi pohon rubuh, ada sesuatu yang minta tolong kejadian kejadian misal kecebur kali.

“Tidak hanya penyelamatan terhadap orang, tapi juga hewan peliharaan. Semua hal seperti itu kita evakuasi dan lakukan, termasuk hal-hal yang dianggap oleh masyarakat sedikit repot, seperti evakuasi ular, ada tangkap tawon, semua kegiatan itu perlu perlengkapan dan keterampilan khusus”, katanya.

Menurutnya, petugas Damkar harus miliki ketrampilan, jadi harus terampil melakukan pemadaman dan penyelamatan, seperti tali temali, tehnik menggunakan oksigen.

Baca Juga:  Kampung Budaya Segera Diwujudkan

“Orang Damkar dituntut sekali bekerja profesional”, cetusnya.

Kedepan, Gandara mengutarakan, akan tindak lanjuti Visi Walikota Depok yakni untuk Depok Maju Berbudaya dan Sejahtera. Baginya semua harus optimis bersikap maju, serta menggunakan etika budaya lokal yang tepat, dengan semua itu, akan lebih sejahtera lagi.

Dalam ultah ke 102 tepatnya 1 maret 1919-2021, tambahnya, Damkar Depok semakin tangguh dan siap hadapi bencana, khususnya kebakaran, selain rescue lainnya.

“Kita siapkan diri kita, personil dan keluarga untuk hadapi hal-hal Itu, termasuk kaitan bencana non alam yakni pandemi Covid, kita sangat mendukung masyarakat untuk tetap laksanakan 2i5m, tingkatkan iman dan imun kita, dan menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan menjauhi kerumunan”, bebernya. *cky

 255 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga:  Ketua DPRD Depok Hadiri Musrenbang Meruyung