Dapur Umum Kelurahan Grogol, Kepedulian Bersama Terhadap Warga Isoman

 77 total views,  1 views today

Kader PKK Kel. Grogol menyiapkan nasi box untuk warga Isoman di Dapur Umum
GROGOL, PLANET DEPOK.COM -Sebagai aksi kepedulian bersama terhadap warga yang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) lantaran terpapar Covid – 19 (C19), Kelurahan Grogol Kecamatan Limo membentuk dapur umumumum, bertempat di Rumah Ketua RT. 02 RW 01.

“Dapur umum ini di inisiasi oleh Lurah Gerogol Danudi Amin, yang diamini oleh Ketua LPM Militer, MUI dan tokoh masyarakat dan ditetapkan berlokasi di RT 02/01, untuk warga Kelurahan Grogol yang sedang isoman dan yang kurang mampu,” terang Ketua RW 01 Nian, sekaligus sebagai koordinator Dapur Umum Kelurahan Gerogol, Senin (5/7/21).

Lebih jauh dia mengatakan, sejak dilaksanakannnya dapur umum dengan memberikan makanan nasi Box dimulai pada hari Sabtu (3/7/21) sebanyak 368 orang Isoman, pada hari Minggu (4/7/21) bertambah menjadi 384 bahkan Senin (5/7/21) mencapai 396 Isoman.

baca juga:  Walikota Depok: PHI Pengingat Perjuangan Perempuan Wujudkan Persamaan Gender

“Sejak hari Sabtu, kita distribusikan nasi Box 368, namun hingga hari Senin ini makin bertambah jadi 396. Kita akan membantu yang Isoman selama 14 hari ke depan,” ujarnya.

Mengenai dana dapur umum, Nian menyatakan, mendapat bantuan bukan hanya dari para RT dan RW Kel. Gerogol namun ada juga bantuan dari luar dan anggota DPRD Kota Depok.

“Atas segala bantuan yang diberikan oleh para donatur, semoga bermanfaat dan dibalas amal kebaikannya oleh Allah SWT”, utasnya.

Koordinator dapur umum Nian & Ketua LPM Kel. Grogol Mili

LPM Kel Grogol Mili mengatakan, pihaknya senantiasa menghimbau masyarakat terkait PPKM yang diterapkan oleh pemerintah.

baca juga:  DJC Bagikan Bantuan Sembako dari Qonita

” Kami sampaikan ke masyarakat, melalui RT dan RW terkait pemberlakukan PPKM Darurat. secara pelan-pelan warga mau mengerti dan mulai hindari keramaian”, tuturnya.

Untuk Kelurahan Grogol, lanjutnya, tidak utamakan karantina wilayah, pasalnya percuma jika tertutup bagi warga luar, tapi warga sendiri tetap keluar.

“Kami hanya meminta jika warga tidak ada keperluan mendesak, harap di rumah saja kecuali mau bekerja, itu pun kita himbau untuk perketat prokes,” ucapnya.

Mengenai dapur umum, tambah Milik, itu merupakan kepedulian warga terhadap warga yang sedang jalani Isoman selama 14 hari ke depan, agar mereka tidak merasa sendiri, maka dibantu makanan oleh dapur umum.

“Alhamdulillah banyak yang bantu, tidak hanya berupa materi tapi juga berupa bahan makanan seperti beras dan sayur-sayuran”, ulasnya.

Lurah Grogol Danudi Amin bersama tim dapur umum

Lurah Grogol Danudi Amin mengatakan, aksi peduli untuk warga Isoman berupa dapur umum, sangat dirasakan oleh warga yang Isoman, lantaran mereka memang tidak diperbolehkan keluar rumah.

baca juga:  Lagi, Rumah Tidak Layak Huni Segera di Renovasi secara Swadaya Masyarakat

“Mereka kan tidak boleh keluar rumah, makanya kita bantu dengan memberikan makanan, agar mereka patuh menjalani Isoman hingga tuntas”, ujarnya.

Untuk itu, dia meminta kepada warga yang terpapar C19, segera melapor ke RT dan RW, sehingga bisa dipantau dan dibantu kebutuhan makannya oleh dapur umum.

” Jangan takut tidak bisa makan jika Isoman, segera lapor RT RW bila terpapar, kami akan bantu”, pungkasnya. *rik

%d blogger menyukai ini: