Depok Ternyata Punya Guru Olahraga Berprestasi Internasional

Pratik Murwatno (foto: dskf
Pratik Murwatno (foto: dskf

Cinere, Planetdepok.com – Predikat Kota Depok sebagai salah satu kota pendidikan, tidak hanya sekedar slogan. Itu dibuktikan oleh salah seorang guru olahraga sebuah sekolah di Kecamatan Cinere.

Bukan hanya karena dikelilingi perguruan tinggi terkemuka juga, Kota Sejuta Maulid ini, ternyata memiliki tenaga pengajar berprestasi, seperti yang ditunjukkan oleh Pratik Murwatno, guru olahraga dari SMA Dian Didaktika Cinere.

Lahir di Purbalingga pada 29 September 1971, Pratik Murwatno adalah warga Kelurahan Rangkapan Jaya Baru Kecamatan Pancoran Mas.

Dirinya belum lama ini berhasil meraih dua medali emas dan satu medali perak, pada ajang Kuala Lumpur International Masters Atlhetics Championships 2022, Malaysia yang berlangsung 3-4 Desember 2022.

“Sejak tahun 1989 saya belajar di Sekolah Guru Olahraga (SGO), walaupun sebelumnya semasa kecil sudah jadi bolang atau anak kampung yang main apa saja,” ujarnya,  Rabu (7/12/2022).

Baca Juga:  OSN Sawangan Kembali Targetkan Wakili Kota Depok Ke Propinsi Jabar

Selepas SGO, ia dapat jalur undangan Fakultas Olahraga / FPOK IKIP Jakarta sekarang UNJ, lulus Fakultas Olahraga dengan semi cumlaude dan menjadi wisudawan terbaik.

Pratik bercerita, sejak SGO dirinya memang sudah menggeluti olahraga atletik.

Bangku kuliah, juga sudah sering ia penuhi dengan menjuari berbagai perlombaan atletik seperti Pekan Olahraga Nasional dan sebagainya.

Bukan hanya atletik, ia juga pernah menjuarai Masters Swimming Championship, serta lomba tenis lapangan.

“Saya sejak tahun 2004 jadi guru, tapi sebelumnya saya juga pelatih tenis, pelatih renang di pusat kebugaran, mendirikan bimbel olahraga dan menangani beberapa kegiatan ekstrakulikuler di beberapa sekolah,”ungkapnya.

Hingga saat ini, Praktik telah meraih sekitar 52 penghargaan. Untuk perlombaan resmi tingkat nasional dirinya telah meraih 10 medali emas, tiga medali perak, dan empat medali perunggu.

Baca Juga:  Wakil Walikota Depok Terima Penyerahan Tanah Wakaf Warga Untuk SDN Cipayung 2

Sedangkan tingkat internasional ia menorehkan 13 medali emas, tujuh medali perak, dan tiga medali perunggu.

Tak hanya itu, Praktik juga telah beberapa kali mendapat penghargaan. Antar lain Apresiasi Guru Inspiratif Indonesia, PGRI Award dan menjadi guru terbaik sebanyak 4 kali dari Wali Kota Depok.

Termasuk, penghargaan Anugerah Kreatifitas dan Dedikasi Guru yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Sebelum Kuala Lumpur International Masters Atlhetics Championships 2022, pada Oktober tepatnya di hari Sumpah Pemuda di Jogyakarta, saya mendapat empat medali emas Indonesia Open Masters Athletics Championship 2022 dan penghargaan Guru Berprestasi dari Pemerintah Depok di HGN 22 pada 15 November lalu,” ulasnya.

Ia menambahkan, berbagai prestasi yang telah diraih merupakan upaya dirinya untuk menjadi pendidik terbaik untuk anak-anak di Kota Depok.

Baca Juga:  Cetak Generasi Berdaya Saing, Disdik Gelar Festival Pendidikan

Berbagai cabang olahraga yang digelutinya, selain untuk menjaga kesehatan dan pengembangan diri, juga meningkatkan rasa nasionalisme dan kebanggaannya menjadi warga negara Indonesia, serta dapat mencetak siswa dan siswi yang berprestasi.

“Semoga saya dapat menjadi pendidik yang berguna, bermanfaat dan hidup penuh keberkahan,” ucapnya.

Semangat dan motivasi terbesarnya adalah, agar ilmunya bermanfaat bagi anak anaknya dan anak didiknya.

“Bisa menjadi contoh untuk menginspirasi pendidik dan para generasi muda Indonesia,” tutupnya. *iki

 65 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.