Dinsos Validasi & Verifikasi DTKS Kelurahan Depok Jaya

DEPOK JAYA, PLANETDEPOK.COM – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok menggelar Musyawarah Kelurahan (Muskel) Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kelurahan Depok Jaya Kecamatan Pancoran Mas, di Aula lantai II Kelurahan, Selasa, (24/8/21).

Seusai Muskel, Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial, Sri Rejeki Handayani mengungkapkan, tujuan adanya verifikasi dan validasi DTKS untuk setiap kelurahan adalah, sebagai data mikro untuk intervensi dan mengakses berbagai jenis bantuan sosial , baik dari Pemerintah Kota, Provinsi dan Pusat, dari 40 persen warga miskin di level ekonomi paling bawah.

“Perlu kolaborasi dan sinergitas kepada para RT dan RW, mengingat ujung tombak ini adalah yang paling tahu dan paham akan warganya”, tandasnya.

Baca Juga:  Jelang Lebaran, Proyek "Siluman" Mulai Bertebaran di Kota Depok

Para RT dan RW, kata dia dibekali dengan formulir Data Awal untuk mencatat fluktuasi warganya. Baik dimasa DTKS dan atau sudah bukan DTKS lagi. Semisal, meninggal dunia, mendapat warisan dan lainnya.

Masih dari Sri Rejeki Handayani, DTKS itu adalah dinamis, mengingat kehidupan sosial , terkadang diatas dan ada pula yang dibawah. Untuk itulah sangat diperlukan pengupdatean data oleh para ujung tombak warga.

“Kami di Dinsos Depok adalah sebagai pusat pengolahan data, namun finalisasinya ada di Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemensos. Dan kamipun menyajikan data yang up to date sepanjang kami dibantu oleh pihak Kelurahan , agar bansos – bansos tepat sasaran”, bebernya.

Baca Juga:  Keren, Duser akan Luncurkan Program 1000 per Rumah Setiap Hari

Fasilitator sebagai rekanan dari Dinsos, lanjutnya memfollow up data – data dari RT dan RW agar seirama, dalam arti RT dan RW sudah up date dan follow Up, fasilitator juga harus action, sehingga menyajikan data yang akurat dan valid.

Sementara itu, Lurah Depok Jaya , Herman.SE juga menyampaikan, kami dari kelurahan mohon kerjasamanya dengan para RT dan RW, dalam pengupdatean warga di wilayahnya yang masuk dalam kategori DTKS dan atau sudah tidak tercantum lagi dalam DTKS .

Baca Juga:  Masyarakat Dilarang Gunakan Fasilitas Taman Kelurahan Tugu

“Peng up datean data ini sangat kami butuhkan, agar Bansos yang diterima adalah sesuai dan benar . Laporan dari kelurahan akan selalu di up date oleh Dinsos, sehingga data selalu akurat dan valid”, tandasnya. *cky

 140 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.