Disdik Kota Depok Berikan Pelatihan Peningkatan Kapasitas 130 Guru SDN PPPK

  • Bagikan

 1,991 total views,  1 views today

MARGONDA, PLANETDEPOK – Untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik serta kualitas pendidikan di Kota Depok, sedikitnya 130 Guru SDN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), diberikan pelatihan peningkatan kapasitas oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok.

“Pesertanya seluruh guru seleksi PPPK Guru 2020 silam dan telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan di tahun ini,” ujar Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar (PTK SD), Bidang Pembinaan SD, Disdik Kota Depok, Syahril Simamora, di Hotel Bumi Wiyata, Rabu (3/11/2021).

baca juga:  PDAM Tirta Asasta Perkuat Sinergi Dengan Forum Pelanggan

Pelatihan tersebut, kata dia berlangsung selama dua hari, 2-3 November. Ada sejumlah materi yang disampaikan, salah satunya terkait orientasi kerja terhadap peserta didik.

“Kita mengharapkan guru PPPK ini dalam melakukan pembelajaran, menjadikan murid sebagai subjek bukan objek, sehingga pembelajaran akan lebih kepada peserta didik atau siswa,” terangnya.

baca juga:  Cetak Generasi Berdaya Saing, Disdik Gelar Festival Pendidikan

Materi selanjutnya, tambahnya, yaitu cara memacu dan meyakinkan para guru PPPK ini, mereka sudah menjadi tenaga pendidik profesional. Untuk itu, mereka harus memiliki pemikiran, komitmen, dan kinerja yang baru.

“Berikutnya adalah keterampilan menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan. Mereka di sekolah harus mampu mengidentifikasi apa saja masalah yang ada di dalam sekolah, kemudian bisa mengambil keputusan yang tepat dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari,” jelasnya.

baca juga:  Perubahan Persyaratan PPDB TK & SMP Negeri Kota Depok Terbaru

Terakhir, tandasnya, para guru PPPK harus menjadi agen perubahan di lingkungan sekolahnya masing-masing. Mereka diharapkan mampu memberikan pangaruh yang positif kepada kepala sekolah, guru-guru, orang tua murid, serta murid dalam melaksanakan tugasnya.

“Kita harapkan dengan kegiatan ini bisa meningkatkan kapasitas mereka sebagai guru, yang target terbesarnya adalah peningkatan kualitas pendidikan di Kota Depok,” pungkasnya. *iki

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: