Diskominfo Depok Optimalkan Sinergitas Jurnalis Bersama Forkopimda

BOJONGSARI, Planetdepok.com – Guna meningkatkan sinergitas para jurnalis dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Depok, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, menggelar Media Gathering dengan tema Optimalisasi dan Sinergitas Jurnalis Bersama Forkopimda 3 Pilar, Kamis (28/11/19), di Godong Ijo, Bojongsari Depok.

Kepala Diskominfo Kota Depok Sidik Mulyono mengatakan, media gathering tersebut, bertujuan mempererat silaturahim, sekaligus menyerap aspirasi para jurnalis kepada Forkopimda Depok. Kegiatan tersebut juga tidak dihadiri Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok, lantaran yang berhalangan hadir. Para unsur Forkopimda lainnya juga tidak hadir seperti, Kapolres, Dandim, Kajari dan Ketua PN.

“Terkait tema Media Gathering kali ini, Optimalisasi dan Sinergitas Jurnalis Bersama Forkopimda. Kegiatan kali ketiga ini, diadakan sebagai wadah mengemukakan aspirasi antara Pemerintah Kota (Pemkot) dengan insan media. Diharapkan, satu sama lain saling berkontribusi terhadap pembangunan di Kota Depok, melalui peran dan tugasnya masing-masing,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Sidik mengajak para wartawan Depok, meningkatkan profesionalitasnya, bukan hanya dari sisi pribadi melainkan juga kualitas lembaga medianya.

Merujuk pada arahan Dewan Pers, alat ukur keprofesionalitas jurnalis, yaitu memiliki sertifikasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Selain itu, masing-masing media melengkapi legalitas berdirinya, yakni perusahaan yang berstandar pers, bukan CV atau lainnya.

“Karena sudah ada wanti-wanti dari Dewan Pers terkait penggunaan anggaran pemerintah baik pusat atau daerah, harus digunakan pada media yang berstandar perusahaan pers. Hal ini perlu disampaikan, karena semua anggaran akan diaudit oleh Dewan Pers,” ungkap Sidik.

Mengenai kesejahteraan wartawan, Sidik menyampaikan, jika rekan jurnalis bekerja pada perusahaan yang sudah berstandar Pers, justru sudah selayaknya mendapatkan kesejahteraan dari perusahaannya tersebut.

Meski begitu, Pemkot Depok menurut Sidik tidak tinggal diam, Ide ingin ada semacam bantuan pembinaan jurnalis yang diberikan secara bertahap, untuk fasilitasi media agar bisa membangun legal standing.
“Teman-teman Media tapi juga mesti sampaikan aspirasinya kepada DPRD, karena semua persetujuan dilakukan oleh anggota DPRD”, tegasnya.

Upaya lainnya Pemkot Depok untuk kepentingan teman-temanMedia Media yakni, Pemkot Depok sudah masukkan usulan UKW Mandiri, yang akan diselenggarakan oleh Pemkot dan DPRD sudah setuju, namun entah kenapa, usulan tersebut dalam Anggaran Belanja Tambahan (ABT) 2019 itu hilang.

” Kita pernah mengajukan dianggaran tambahan dan didukung oleh Banggar agar bisa mengadakan UKW Mandiri, tapi tiba tiba menghilang, namun begitu di tahun 2020 nanti kita akan coba mengadakan UKW Mandiri”, paparnya.

Pada acara tersebut, Dandim 0508 Kota Depok diwakili oleh Kapten infantri Ibrahim, dia pun tampil di depan bersama Kadis Kominfo Depok sebagai Nara Sumber. *cky

597 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Copyright © 2019 Planet Depok All Rights Reserved Powered by MasHer