Diskominfo Gelar Forum OPD

pd.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok gelar forum organisasi perangkat daerah (OPD) di aula Wisma Hijau Cimanggis Depok , Senin (19/02).

Kepala Dinas Kominfo Depok, Sidik Mulyono mengatakan, tujuan diadakannya forum OPD yaitu guna meningkatkan kualitas pelayanan dengan sasaran meningkatkan kualitas manajemen pemerintah dalam pelayanan publik sesuai visi Kota Depok, yang unggul, nyaman dan religius.

“Visi Misi itu sendiri sasaranya adalah, mengembangkan ekonomi yang mandiri, kokoh dan berkeadilan serta membangun infrastruktur dan ruang publik yang merata, berwawasan lingkungan, ramah keluarga , meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan nilai-nilai agama, menjaga kerukunan antar umat beragama, serta meningkatkan kesadaran hiduo berbangsa dan bernegara,” kata Sidik.

Lebih jauh sidik menjelaskan, bertema menuju Kota cerdas dan bersahabat yang informatif dan komunikatif, artinya melalui penerapan konsep kota cerdas di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien serta memberikan informasi yang tepat kepada pemerintah sebagai alat pengambilan keputusan yang bermanfaat dalam menyelesaikan permasalahan perkotaan, peningkatan kualitas layanan public dan pembangunan yang berkelanjutan berbasis TIK.

“Untuk mengetahui dan memahami serta mengelola berbagai sumber daya di dalam kota pada penerapan konsep ini, tentunya perlu melibatkan partisipasi masyarakat juga,” tegasnya kepada wartawan.

Untuk mendukung melaksanakan fungsinya, maka penentuan arah dan sasaran pembangunan harus dilandasi oleh data dan informasi yang akurat. “Untuk itu pengelolaan data dan informasi daerah harus difasilitasi secara terpadu dan terinteggrasi dengan berbasis TIK,” papar Sidik.

Menurutnya, layanan masyarakat yang termasuk urusan pemerintah akan dilayani berbasis TIK , layanan yang semula dilakukan secara manual, bertahap akan dilayani berbasis TIK, misalnya layanan perizinan.

“Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), khususnya teknologi informasi yang pesat, perlu direspon dan diantisipasi melalui berbagai program dan kegiatan yang bisa dimanfaatkan langsung oleh seluruh lapisan masyarakat, termasuk juga kebutuhan masyarakat terhadap teknologidan komunikasi. Bila tidak diantisipasi secara tepat, tentunya akan membawa akses kurang baik bagi masyarakat,” lanjutnya.

Dalam hal ini Diskominfo tidak dapat bekerja sendiri tanpa kerja sama dengan pihak lain, maka peran serta OPD, stakeholder sangatlah penting. “Dari forum OPD saat ini kami juga sudah mendapatkan masukan-masukan serta aspirasi dari peserta yang hadir.

“Kami berharap peran serta wartawan juga penting, untuk menginformasikan apa yang sudah kami lakukan dan yang akan kami lakukan . Ini sebagai energi untuk menjadikan semangat kami dalam mencapai Kota Cerdas di tahun 2018 dan tahun yang akan datang,” tutup Sidik. (Dot)

720 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Copyright © 2019 Planet Depok All Rights Reserved Powered by MasHer