Diskominfo Kota Depok Rilis Capaian Kinerja Pemkot Depok Sepanjang 2021

DEPOK, PLANETDEPOK.COM – Kota Depok, sebagai salah satu kota di Provinsi Jawa Barat yang memiliki luas wilayah 200,29 Km2 dan jumlah penduduk sebanyak 2.056.400 jiwa, kini telah memiliki banyak capaian program serta penghargaan yang diraih selama tahun 2021.

Berdasarkan keterangan tertulis Diskominfo Kota Depok, Jumat (14/1/2022), sejumlah capaian program Kota Depok tahun 2021 yang telah dilakukan dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, baik dalam pembangunan fisik maupun non fisik adalah merampungkan Pembangunan Gelanggang Olahraga dan melanjutkan pembangunan Gedung RSUD Wilayah Timur.

Kemudian, membangun 6 Taman Kelurahan, Merenovasi Gedung Sekolah, Membangun 11 Posyandu baru serta merenobasi 11 Posyandu. Revitalisasi Situ untuk mendukung terciptanya Destinasi Wisata Air, Revitalisasi Rumah Cimanggis sebagai Cagar Budaya, Perbaikan jalan lingkungan, Pembersihan kali dari tumpukan sampah guna menghindari banjir.

Kota Depok tahun 2021 juga telah membentuk 319 Bank sampah, hal itu bertujuan untuk mendukung program Depok Zero Waste City.

Untuk peningkatan mutu ketahanan keluarga, Kota Depok menggelar Program Sekolah Ayah Bunda dan Sekolah Pra Nikah. Disusul dengan Program Sekolah Ayah Bunda Spesial, bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dan Sekolah Pra Nikah bagi kaum Disabilitas.

Baca Juga:  Penanganan IPAL Domestik Menjadi Ekstra Prioritas

Ditambah lagi, Program Easy Tax yang memudahkan para wajib pajak untuk membayar Pajak. Inovasi Gladis Tiktok sebagai upaya mendekatkan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan kepada warga. Pemberian Dana Insentif pembimbing rohani, serta D’Sunting Menara sebagai upaya menurunkan angka stunting di Kota Depok.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sepanjang 2021 pun telah memfasilitasi pendaftaran 3.900 pencari kerja, dengan jumlah ditempatkan sebanyak 1.352 pencari kerja.

Dimasa pandemi, Kota Depok melahirkan banyak inovasi, diantaranya Pemasangan Wifi untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Surat Jaminan Kesehatan (SJK) Online yang meringankan biaya kesehatan masyarakat, Gebyar vaksinasi, D’Sabr (Depok Sedekah Bersama), Pelatihan kemasan produk untuk UMKM, SAPA SABA (Sinergitas Perencanaan Partisipasi Pembangunan) sebuah upaya meningkatkan kualitas perencanaan serta partisipasi stakeholder. Pelatihan serta pembinaan bagi PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial), Kartu Depok Sejahtera dan lain sebagainya.

Selain capaian program yang telah dilakukan, sepanjang 2021, Kota Depok telah berhasil meraih lebih dari 40 Penghargaan, baik tingkat Provinsi ataupun Nasional, diantaranya predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia 10 kali berturut-turut. Penghargaan BKN (Badan Kepegawaian Nasional ) Award.

Baca Juga:  Sekda Kota Depok Lepas Kafilah MTQ ke XXXVII Tingkat Provinsi Jawa Barat Ke Sumedang

Terakhir, Penghargaan Kelurahan Terbaik oleh Kelurahan Tanah Baru untuk Lomba Tingkat Provinsi, Pelaksana terbaik 1 P2WKSS, Posyandu Terbaik 1 Tingkat Provinsi Jawa Barat oleh Posyandu Karunia Beji Timur dan mendapatkan Posyandu Award 2021 dari Gubernur Jawa Barat dan Penghargaan Penyelenggaraan Pembangunan Terbaik di Indonesia.

Dengan capaian program dan prestasi tersebut, menjadi motivasi ke depannya untuk mampu memberikan layanan lebih baik lagi kepada masyarakat, sehingga mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Depok, serta mewujudkan Kota Depok Maju, Berbudaya dan Sejahtera.

Wali Kota Depok KH. Dr. Mohammad Idris, MA atas nama Pemkot Depok mengucapkan ribuan terima kasih kepada sahabat sahabat OPD dari tingkat dinas, dan juga para Camat, para Lurah dan seluruh Stakeholder dan semua masyarakat dari berbagai kalangan, yang telah berpartisipasi dan memberikan kontribusi dalam pembangunan di Kota Depok pada tahun 2021 khususnya.

“Dan tentunya saya memohon maaf yang sebesar-besarnya dan kami semuanya di Pemkot Depok, atas segala kekurangan-kekurangan dan kelemahan kami akan menjadi bahan evaluasi untuk tahun mendatang. Semoga di tahun depan kita mampu meningkatkan kinerja kami di pemerintahan dan juga kebersamaan kita untuk melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada sebagai evaluasi ke depan untuk menuju Kota Depok Maju Berbudaya dan Sejahtera”, ujarnya.

Baca Juga:  Musrenbang Kelurahan Beji, Lebih Fokus Infrasturktur dan Pemberdayaan UMKM

Melalui pantun, Wali Kota Depok mengajak masyarakat, “Rekreasi ke Balik Papan, bersama keluarga dan teman-teman, kalau ingin lebih baik di tahun depan, yuk kita bekerja dalam kebersamaan.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Wakil Wali Kota Depok Ir. Imam Budi Hartono, kepada semua pihak atas dukungan dan partisipasinya untuk pembangunan Kota Depok, semoga Kota Depok semakin Maju, Berbudaya dan Sejahtera.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Drs. Supian Suri, MM mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah dan seluruh Pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, yang telah berkontribusi dalam membangun Kota Depok untuk mewujudkan Depok Maju Berbudaya dan Sejahtera. *iki

 49 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.