Gubernur Jabar dan Walikota Depok Resmikan Setu Rawa Kalong

Walikota Depok Mohammad Idris & Gubernur Jabar Ridwan Kamil (foto: dskf)

Walikota Depok Mohammad Idris & Gubernur Jabar Ridwan Kamil (foto: dskf)
CURUG, PLANETDEPOK.COM – Usai direvitalisasi pada tahun lalu, akhirnya Situ Rawa Kalong Kota Depok, diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil bersama Walikota Depok Mohammad Idris.

“Setu Rawa Kalong ini, fungsi utamanya sebagai irigasi, untuk itu kualitas airnya harus tetap dijaga,” ujar Kang Emil, sapaannya, saat meresmikan Setu Rawa Kalong, di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jumat (5/8/2022).

Gubernur Jawa Barat menjelaskan, Setu tersebut lantaran melewati daerah yang sangat padat penduduk, maka semua harus menjaga kebersihannya.

“Tolong dijaga kebersihan dan ketertiban dari Setu ini, kalau ada sampah dikumpulin dulu baru di masukkan ketempat sampah,” tekannya.

Baca Juga:  Walikota Depok Paparkan Upaya Pengendalian Tembakau & Pencegahan PTM Dalam APCAT

Fungsi Setu Rawa Kalong, menurut Ridwan Kamil sebagai fungsi lingkungan dan sosial.

“Kalau setunya ngelewati hutan belantara, gunung, fungsinya cuman satu yaitu fungsi ekologi,” tambahnya.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengungkapkan, warga masyarakat Kota Depok mengucapkan ribuan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat yang begitu atensi, yang begitu perhatian kepada masyarakat Depok.

“Insya Allah Anderpas Dewi Sartika akan selesai tahun ini, Insya Allah di Margonda ada Mesjid Raya juga kolabirasi dari pemerintah kota Depok yang desainnya langsung oleh Pak Gubernur Jawa Barat, begitu pula Inya Allah kita juga kita memiliki Masjid besar di Jatijajar diterminal Jatijajar, yang berkolaborasi dengan NJO dengan beberapa negara di Timur Tengah,” paparnya.

Baca Juga:  Incumbent Sihabudin (Ucok) Kembali Terpilih Ketua RW 06 Pocin Lagi

Idris pun, sontak juga mengajak warga masyarakat untuk merawat Setu Rawa Kalong tersebut.

“Setu Rawa Kalong yang telah direvitaliasasi ini, seiring berjalan dengan pemulihan ekonomi saat terdampak pandemi kemarin,” terangnya.

Melalui revitalisasi, unggahnya, sebagai bentuk upaya konservasi serta pengamanan aset yang ada di sungai Cisadane, disamping pengembang wisata.

Revitalisasi setu Rawa Kalong, paparnya, seluas 8,25 hektar sudah dilakukan revitalisasi sebanyak tiga kali, pertama 2019, kemudian 2021 serta 2022.

Baca Juga:  Camat Cinere Pastikan Pembangunan Fisik Dana Kelurahan Dilakukan Pokmas

“Dengan adanya revitalisasi ini, diharapkan Situ Rawa Kalong menjadi multifungsi, baik itu Destinasi Wisata selain menyediakan air baku, juga fungsi sosial ekonomi,” tandasnya.

Maka, Idris meminta perlu kolaborasi semua pihak, dalam rangka memelihara Setu yang sudah direvitalisasi itu. *iki

 80 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.