Prajurit 114 Satria Musara Berikan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Pegunungan Tengah

PAPUA, PLANETDEPOK.COM – Prajurit TNI Satgas Yonif RK 114/Satria Musara memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada warga asli Papua di daerah pedalaman Papua, pegunungan tengah Distrik Mbua Kabupaten Nduga.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Yonif RK 114/Satria Musara Letkol Inf Putra Negara, S.H., M.Han., selaku Komandan Kodim Persiapan Nduga dalam keterangan yang disampaikan, Rabu (12/01/2022), mengatakan Satgas Yonif RK 114/Satria Musara yang semula melaksanakan tugas pokok mengamankan wilayah perbatasan, Sesuai perintah Komando Atas telah beralih fungsi melaksanakan tugas pokok fungsi teritorial, salah satunya melayani kebutuhan kesehatan warga Papua di daerah peadalaman Papua pegunungan tengah Nduga.

“Pemberian layanan kesehatan Satgas TNI sangat dibutuhkan warga binaan di kampung-kampung yang berada di wilayah Distrik Mbua Kabupaten Nduga Papua, Pos Mbua Satgas Yonif RK 114/Satria Musara dipimpin langsung oleh Letda Ckm dr. Coy Hutagaol,” ungkap Dansatgas.


Dansatgas Letkol Inf Putra Negara, S.H., M.Han., mengatakan, kegiatan pelayanan kesehatan tersebut dilaksanakan dengan mendatangi honai dan rumah warga untuk mengetahui kondisi kesehatan warga. Kegiatan pelayanan kesehatan keliling tidak hanya dilaksnakan di Distrik Mbua, seluruh Pos Satgas Yonif RK 114/Satria Musara juga melaksankan kegiatan yang sama terutama Pos yang ada masyarakatnya seperti Pos Napua, Grinbun dan Dal.
Kondisi kesehatan masyarakat merupakan salah satu prioritas utama Satgas Yonif RK 114/Satria Musara, maka dari itu pelayanan dengan mengunjungi kampung binaan merupakan kegiatan yang wajib dan rutin dilaksanakan.
Baca Juga:  Buka 2 Gerai Vaksinasi Merdeka, Polsek Beji Sasar Usia 18 Sampai 60 Tahun

Lanjutnya “Oleh karena itu, prajurit yang berperan sebagai tenaga kesehatan yang ada di jajaran Pos Satgas Yonif RK 114/ Satria Musara merupakan unsur utama dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.”


“Dengan kegiatan seperti ini, diharapkan kehadiran Satgas Yonif RK 114/Satria Musara dapat memberikan arti dalam membantu menangani kesulitan dan meringankan beban masyarakat, mempererat silaturahim antara anggota Pos TNI dengan warga binaan diwilayah penugsan,” katanya.
Baca Juga:  Dandim Pimpin Apel Pasukan Pengamanan RI 1

Sementara itu, Tokoh Masyarakat selaku Gembala Jemaat Gereja Opmo Distrik Mbua Bpk. Petrus Tabuni mengapresiasi kegiatan Satgas TNI Yonif RK 114/ Satria Musara.

“Saya selaku golongan tua mewakili masyarakat mengucapkan banyak terima kasih untuk Komandan dan anak-anak Pos, khususnya TNI 114 wakil Aceh sudah kerja banyak untuk membantu, melayani masyarakat yang sakit, ” ujar Bpk. Petrus Tabuni.(adi).

 110 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga:  Komsos Babinsa Kelurahan Cipayung Efektif Ciptakan Keamanan Lingkungan Di Sekolah