Hari Arsip Nasional Momentum Pentingnya Peran Arsip

Siti Chaerijah (foto: ist)

Siti Chaerijah (foto: ist)
BALAIKOTA, PLANETDEPOK.COM – Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah menyampaikan pentingnya peran arsip bagi kehidupan.

Menurutnya, arsip memiliki banyak peran dan fungsi, dalam berkembangnya suatu peradaban.

“Momen Hari Arsip Internasional yang diperingati setiap 9 Juni, dapat menjadi pengingat betapa pentingnya arsip dalam kehidupan pribadi, masyarakat, berbangsa dan bernegara,” ucapnya, Kamis (9/6/2022).

Ia menjelaskan, arsip juga memiliki peran penting sebagai pusat ingatan, sumber informasi dan alat pengawasan, yang sangat diperlukan dalam setiap organisasi publik.

Baca Juga:  Hindari Kerumunan Vaksinasi, IBH Sarankan Batasi Quota & Tetap Jaga Jarak

Tak hanya itu, sambung Siti, arsip juga dapat menjadi rujukan dalam perencanaan, penganalisaan, pengembangan, perumusan kebijakan.

Selain juga pengambilan keputusan, pembuatan laporan dan akuntabilitas suatu kegiatan, sambungnya

“Setiap tahun kami rutin mengadakan pendampingan dalam penataan arsip di kelurahan, kecamatan ataupun Perangkat Dinas. Termasuk juga di sekolah-sekolah, yang setiap tahunnya banyak memproduksi arsip,” jelasnya.

Baca Juga:  RT 06 Mekarjaya, Mandiri & Tangguh Ditengah Pandemi C19

Selain menggelar penataan arsip, ujar Siti, pihaknya juga rutin mengadakan Lomba Khazanah Arsip Audiovisual (LOKAA) 2022. Lomba ini bertujuan menghimpun arsip audiovisual guna menambah khazanah arsip di Kota Depok.

Siti pun berharap, dengan sejumlah upaya yang dilakukan kesadaran masyarakat tentang pentingnya arsip meningkat. Dengan harapan tercipta masyarakat yang sadar dan tertib arsip.

“Semoga Gerakan Sadar dan Tertib Arsip bisa terus dilaksanakan, khususnya di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok,” pungkasnya. *iki

 58 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga:  Pembentukan Kampung Siaga Covid-19 Berbasis RW Mencapai 97,4%