Hasil Diagnosis RDT-AG Pemudik Limo Negatif C19

Kepala UPTD Puskesmas Limo Naweng, tengah melakukan RDT-AG terhadap salah satu pemudik balik Kecamatan limo

LIMO, PLANET DEPOK. COM – Sedikitnya 25 orang pemudik yang telah kembali ke Kecamatan Limo, menjalani diagnosis Rapid Diagnostic Test Antigen (RDT-AG) atau Rapid Test /Swap Antigen hari ini. Hasil diagnosis tersebut, mereka dinyatakan negatif Covid – 19 (C19).

“Hari ini ada 25 orang pemudik yang ikut RDT-AG, alhamdulillah, hasilnya semua negatif”, terang Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Limo Winarni Naweng Triwulandari, di Aula Kantor Kecamatan Limo, Kamis (20/5/21).

Kegiatan Rapid Test/Swab Antigen C19 Gratis bagi pemudik di Posko Satgas Penanganan C19 tersebut, kata Dia, digelar berdasarkan instruksi Walikota Depok, sehingga Dinas Kesehatan Kota Depok, menugaskan UPTD Puskesmas Limo untuk melakukan Rapid test terhadap pemudik yang balik, bekerjasama dengan 3 Pilar yakni Kecamatan Limo, Polsek Cinere dan Koramil Limo.

Baca Juga:  Dinkes Depok Lakukan Langkah Antisipatif Datangnya DBD & Cikungunya

“Tujuannya supaya tidak ada pemudik lebaran yang datang ke Limo positif dan membawa tambahan kasus positif ke Limo,”, ulasnya.

Sejak awal pelaksanaan hingga hari ini, tandasnya, hasil diagnosis RDT-AG pemudik yang balik ke Limo, semua negatif.

” Kegiatan ini dilakukan tanggal 16 sampai 24, setiap hari jam 10.00 – 12.00 sedangkan Jumat jam 09.00 – 21.00″, tukasnya.

Wakapolsek Cinere Jajang Rahmat tampak mendampingi petugas rapid test antigen pemudik Kecamatan Limo

Naweng menegaskan, pemudik yang balik harus melakukan pemeriksaan RDT-AG, ini wajib mereka miliki, selain memanfaatkan fasilitas dari pemerintah ini, mereka juga bisa melakukannya secara mandiri.

Baca Juga:  Masih PPKM Level 2, Walikota Depok Imbau Masyarakat Tetap Pakai Masker

Sekretaris Kecamatan Limo Ahmad Ubaidillah mengatakan, kegiatan tersebut implementasi dari Surat Wali Kota Depok tentang Pemberian Rapid Test Antigen Warga Pulang Mudik dan Pendatang.

“Ini kita lakukan berdasarkan surat Walikota Depok, guna mencegah melonjaknya kasus terkonfirnasi Covid di Kota Depok”, tuturnya.

Oleh karenanya, tambah Dia, para RT RW harus lebih proaktif memantau kedatangan warga pulang mudik dan pendatang. Jika diketahui baru datang, maka harus segera diminta surat negatif Covid atau daftarkan pemeriksaan rapid test antigen di fasilitas yang Pemkot Depok berikan.

Baca Juga:  Sebagai Rasa Terima Kasih Ketua RT 06 Berikan Bingkisan Kepada 40 Pelaku Usaha

“Para pemudik yang balik pun diminta kesadarannya, agar langsung memeriksa tanpa harus diminta melapor kedatangan mereka dari kampung kepada RT RW, agar dapat segera ditindak lanjuti”, timpalnya.

Diharapkan, dengan ada pemeriksaan ini, Kasus terkonfirnasi di Kota Depok makin melandai. *rik

 107 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.