HUT RI ke – 77, Walikota Depok Optimis Ekonomi & Kesehatan Semakin Pulih

Sekda Depok Supian Suri, Walikota Depok Mohammad Idris & Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono (foto: riki)

Sekda Depok Supian Suri, Walikota Depok Mohammad Idris & Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono (foto: riki)
BALAIKOTA, PLANETDEPOK.COM – Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI tahun ini, Walikota Depok Mohammad Idris optimis, tahun 2022 ekonomi dan kesehatan bisa semakin pulih, seiring harapan pandemi Covid-19 maupun dampaknya, bisa diatasi dengan maksimal bersama semua unsur.

“Kita harus optimis songsong 2022, dengan harapan pandemi maupun dampaknya bisa pulih, dengan sejumlah strategi ekonomi dan arah kebijakan pembangunan, yang akan ditempuh Pemkot Depok,” ujar Idris, saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-77 RI, di Lapangan Balai Kota Depok, Rabu (17/8/2022). 


Pertama, sebutnya, menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan, serta meningkatkan daya beli masyarakat melalui penyelesaian mismatch kebutuhan dunia kerja dan dunia pendidikan.

Melalui, sambungnya, kerja sama kemitraan dalam kurikulum pendidikan yang berorientasi pasar kerja, pemagangan dan penempatan kerja melalui forum fasilitasi.

Walikota Depok Mohammad Idris menjadi Inspektur Upacara HUT RI ke – 77 Kota Depok (foto: riki)

“Lalu, meningkatkan kualitas tenaga kerja yang berorientasi pada penciptaan wirausaha baru, standarisasi dan sertifikasi kompetensi,” ujarnya.
Baca Juga:  Asasta Dukung Kegiatan Peringatan HUT I Sekber

Kemudian, papar Idris, upaya transformasi digital UMKM dan perluasan pendayagunaan tenaga kerja lokal, pengembangan ekonomi kreatif dan pengembangan kawasan wisata terpadu dengan model pariwisata perkotaan (Urban Tourism), yang mengintegrasikan permukiman dan destinasi wisata.

“Mendorong tumbuhnya wirausaha rintisan baru, di bidang industri kreatif, mendorong pembangunan infrastruktur yang bersifat padat karya,” urainya.

Ada juga, lanjutnya, upaya mengembangkan pertanian perkotaan (Urban Farming) secara merata, sesuai potensi wilayah dengan sentuhan teknologi, untuk peningkatan nilai ekonomi maupun potensi agrowisata.


Strategi kedua, katanya yaitu, perbaikan infrastruktur ekonomi kota, sistem dan jaringan distribusi barang, ketiga yaitu pengembangan pasar dalam dan luarnegeri.
Baca Juga:  Serap Keluh-Kesah Masyarakat Melalui Reses, Hj. Qonita : Hasilnya Kita Bahas di Paripurna

“Keempat, menciptakan iklim investasi yang terbuka dan efisien, melalui kemudahan layanan perijinan dan non perijinan berbasis layanan digital, serta mengembangkan pusat-pusat pertumbuhan baru,” ulasnya.

Terakhir, paparnya, mengoptimalkan penerimaan PAD dan sumber pendanaan lain, serta kerja sama pembangunan melalui pendanaan dari APBN, APBD Provinsi, CSR, RKPD Kemitraan dan pemanfaatan aset daerah, serta pembangunan BUMD Kota Depok.


Mengenai kesehatan, iapun optimis dengan adanya percepatan penanganan Covid – 19 dari berbagai unsur lewat cakupan vaksinasi. Selain itu, penanganan masalah stunting pun gencar dilakukan.
Baca Juga:  Sekber Wartawan Tanggung Biaya BPJS Ketenagakerjaan Anggotanya

“Dengan semangat 77 tahun ini, mari terus bekerjasama, bekerja produktif dan inovatif, menuju Indonesia Jaya, Pulih lebih Cepat, Bangkit lebih Kuat,” pungkasnya. *iki

 47 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.