IBH Sambut Baik Lembaga yang Mendukung Penanganan Sampah

IBH ( foto: joh)

IBH ( foto: joh)
CISALAK, PLANETDEPOK.COM – Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono (IBH), menyambut baik lembaga yang mendukung penanganan sampah di Kota Depok.

“Kami menyambut baik, para pihak yang mendukung kebersamaan dalam penanganan mengurangi sampah di Kota Depok,” ujarnya saat kunjungan WWF Indonesia, dalam rangka kolaborasi penanganan sampah di Kota Depok, di Gedung Serba Guna Komplek RRI. Sukmajaya, Kamis (26/5/2022).

Untuk mendukung hal itu, menurutnya, diperlukan adanya UPS (Unit Pembuangan Sementara) sebelum sampah masuk ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Cipayung.

“Bila sampah plastiknya ada 30%, maka 70% lagi di pilah dan bila organik, bisa di olah jadi pupuk,” paparnya.

Baca Juga:  Barinas Ajak Masyarakat Tidak Golput

Kebetulan, kata dia, WWF Indonesia tertarik terhadap komunitas sampah di Kota Depok yaitu, Wangi Bumi Nusantara.

“Mereka akan memberikan pendanaan yang cukup besar selama 3 tahun, mereka memberikan anggaran, kalau bisa terserap sebesar 10 miliar,” terangnya.

Ditempat sama, Tri Agung selaku Manager program smart city mengatakan, pihaknya melakukan kegiatan kerjasama dengan LSM atau yayasan, untuk kebutuhan program mereka.

“Kita mengupayakan mengurangi sampah, salah satunya mengurangi sampah plastik. Targetnya 30% sampah plastik yang diusulkan pihak bank sampah,” ulasnya.

Pihaknya mendukung lembaga-lembaga seperti misalkan LSM yang memang punya pengalaman dalam pengelolaan dan pelatihan.

Baca Juga:  Tahu Kinerja Idris Baik, Komunitas Ojol Depok Mantap Menangkan Paslon Nomor 2

“Mengelola dalam satu lembaga, tidak semudah mengerjakan membuatnya saja. Bagaimana mengelolanya, jadi mengelola adalah, salah satu kegiatan yang kita lakukan, bahkan bekerja sama dengan star up,” ujarnya.

Perlu diketahui, Yayasan Wangi Bumi Nusantara dan Yayasan Depok Hijau adalah lembaga yang selama ini menjadi mitra Pemda Depok.

Lembaga tersebut, memfasilitasi penjualan sampah non organik, yang dikumpulkan nasabah di bank-bank sampah.

Sekilas, Wangi Bumi Nusantara,
Yayasan Bumi Wangi Nusantara lahir pada tanggal 11 Desember 2019 yang diawali dengan hadirnya Forum Komunikasi Peduli Lingkungan, sejak tahun 2015.

Baca Juga:  KOOD Gelar Bocah Depok Ngumpul Lagi

Sebagai wadah berkumpulnya masyarakat yang peduli terhadap permasalahan lingkungan, khususnya masalah pengelolaan sampah, sehingga menjadi pelopor dalam memberikan solusi-solusinya.

Komunitas ini, membawahi sekitar 300 unit Bank Sampah yang ada di Kota Depok. *iki

 35 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.