Jaga Keamanan Lingkungan Warga RW 01 Mekarjaya Galakkan Siskampling

  • Bagikan

planetdepok.com – Sukmajaya
Bersama warga menjaga pengamanan di lingkungan, Ketua RW 01 Kelurahan Mekarjaya Kecamatan Sukmajaya mendorong digalakan kembali gerakan siskamling. Program Siskamling dinilai sebagai deteksi dini, pengawasan, pengontrolan dalam rangka menjaga stabilitas masyarakat di tingkat RT dan RW. “Ini namanya jaga warga, fungsinya untuk mengamankan wilayah kecilnya di tingkat lingkungannya. Ini perlu, karena selama ini tidak aktif, sehingga banyak kejadian-kejadian yang kita tidak tahu,” ujar Ketua RW 01 Rochendi, ketika ditemui Jumat malam (22/04/2022) di Pos RW bersama warga.

Pria yang akrab disapa Cueng ini saat bergabung bersama warga mengatakan, “Kami memang kepada RT khususnya RW 01 Kelurahan Mekarjaya, untuk menjalankan dan melqksanakan kembali fungsi dan tugas menjaga keamanan lingkungan  bersama – sama warga menjadi garda terdepan di lingkungan kami,” ungkapnya.

Wilayah RW 01, terdapat tujuh Ketua RT, kesepakatan saling berperan aktif, dengan imbuan secara persuasif, mencegah warga berkerumun.
“Siskampling di jalan pedati, Kemulyaan, Kemakmuran dan sekitar RW 01, untuk keamanan bersama dan pencegahan tindakan kriminal, tawuran remaja, sekaligus memperkuat persaudaraan antar warga semua berbaur menjadi satu,” jelas Cueng.

Siskamling ini juga, kata Cueng, akan melibatkan Babinsa dan Kamtibnas, termasuk tokoh masyarakat untuk bersama-sama melakukan pemantauan, pengawasan terhadap wilayahnya masing-masing.
“Di RW 01 ini sudah kita lakukan sejak awal bulan puasa, mari kita imbau warga dengan persuasif dan preventif, untuk menjalankan keamanan lingkungan,” tutur Cueng.

Sementara itu Ketua RT 06 Rasmal, menerangkan, warga masyarakat RT 06 antusias sekali, bahkan tidak ada yang divwakilkan.
“Ini kan namanya menjaga lingkungan supaya tidak terjadi gangguan keamanan, masyarakat disitu harus terlibat aktif untuk membantu sama-sama melakukan pengamanan keliling atau lingkungan,”paparnya.

Kembali Rasmal mengungkapkan, keamanan wilayah juga menjadi peran serta warga sekaligus menekan tindak kejahatan pencurian.

Siskamling ini lanjut Rasmal, dinilai sangat efektif untuk menghalau gerakan-gerakan yang dinilai berbahaya karena bisa dideteksi lebih awal.  Pasalnya, Siskamling akan menumbuhkan kewaspadaan.
“Saya kira ini efektif untuk melakukan deteksi terhadap perkembangan yang ada, baik itu masalah pencurian, kenakakan anak anak remaja. Semuanya nanti bisa dipantau oleh kegiatan siskamling ini,” tandasnya. (Adi).

 244 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.

  • Bagikan