Kelurahan Depok Utamakan UMKM Dongkrak Peningkatan Daya Saing

DEPOK, planetdepok.com – Mengawali dimulainya Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kelurahan Kota Depok, Kelurahan Depok Kecamatan Pancoran Mas (Panmas), pada 2021 mendatang, akan mensinergikan seluruh potensi masyarakat untuk meningkatkan daya saing, dalam rangka mewujudkan Kota Depok Unggul, Nyaman dan Religius.

Kegiatan Musrenbang tersebut dilaksanakan di Aula Kelurahan dan dihadiri oleh masyarakat, Perwakilan OPD dan tokoh Masyarakat sekitar.

Lurah Depok Audi Wirasaputra dalam musrenbang tersebut memaparkan, dalam penyusunan usulan  kegiatan, masyarakat diminta memperhatikan Prioritas utama sedang dan biasa. Dia menyarankan agar kegiatan utama infrastruktur diarahkan fokus untuk penanganan daerah banjir.

“Yang utama adalah saluran, kita harus fokus rehabilitasi penanganan banjir. Selain itu, karena kita berada pusat kota Depok, maka drainase nya harus sekelas Depok”, ujarnya, Senin (13/1/20).

Audi mengatakan, dirinya ingin selalu mendapatkan informasi detil dari masyarakat terkait kondisi lingkungan masyarakat masing masing. Dia juga merasa perlu adanya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya aparatur Kelurahan. ” Kelurahan hanya punya staf PNS 4,  yang ter cover Kelurahan cuma 3.Mohon BKP SDM memperhatikan hal ini”, pintanya.

Pada tahun 2021, tambah Audi, Kelurahan  mengelola anggaran pembangunan sebesar 2,5 Milyar. Alokasi nya terbagi 2 yakni 1,5 Milyar untuk Non Infrastruktur dan 1 Milyar untuk Infrastruktur. Baginya pengelolaan anggaran nanti sangat luar biasa, lantaran ilmunya sebatas pelayanan bukan kelola anggaran. Jadi sangat diharapkan adanya tambahan SDM.

Audi menjelaskan, pada 2021 nanti, selain fokus penanganan daerah banjir, Kelurahan Depok juga akan mengutamakan peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mendongkrak peningkatan daya saing daerah, melalui produk – produk unggulan khas Depok. Melalui UMKM juga dapat dilakukan pengembangan potensi kesejahteraan masyarakat.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Panmas Saiful Hidayat sebelum membuka Musrenbang tersebut menyampaikan, tahun ini Kel. depok akan di rehab senilai 3,3 m. Ia menjelaskan Musrenbang tiap tahun diadakan sebagai implementasi UU no25/2009 tentang perencanaan pembangunan daerah. Untuk
2021, tiap Kelurahan menerima anggaran dana Kelurahan sebesar 2,5 milyar rupiah, untuk kegiatan non infrastruktur dan infrastruktur.

Menurutnya, Infrastruktur Kel Depok sudah hampir merata. Dia berharap kegiatan pembangunan Kel Depok, ke depan bisa lebih baik dan lancar. *cky

26 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Copyright © 2019 Planet Depok All Rights Reserved Powered by MasHer