Kelurahan Ratu Jaya Genjot Ketahanan Keluarga

 315 total views,  1 views today

Lurah Ratu Jaya Sobarudin (foto : riki)

RATUJAYA, planetdepok.com – Sebagai implementasi dari Visi Kota Depok yang Nyaman, Kelurahan Ratu Jaya Kelurahan Ratu Jaya, fokus Pembentukan RW Ramah Anak, guna menunjang terwujudnya Depok Layak Anak. Selain itu, Ratu Jaya juga sedang mengembangkan Eco Village, sebagai implementasi Propinsi Jabar Juara Lahir Batin.

Lurah Ratu Jaya Sobarudin mengatakan, semua RW di Ratujaya sudah menjadi RW Ramah Anak, dari 12 baru 9 RW yang sudah efektif.”Sudah semua RW, yang efektif hanya 9. RW Ramah Anak ini implementasi dari salah satu Visi Kota Depok yaitu Nyaman, jadi kita harus fokus dan wujudkan demi masa depan anak-anak kita “, ujarnya saat ditemui d ruang kerjanya, Jumat (29/3/19).

baca juga:  DPAPMK Bekali Anak & Remaja Dengan TANGKIS

Dia menyampaikan, selain itu, ini termasuk dalam program unggulan yakni Ketahanan Keluarga, yang terus diupayakan olehnya agar masyarakat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya agar orangtua tidak perlu  khawatir terhadap lingkungan anak-anak mereka lagi.”Kita selalu sampaikan kepada masyarakat, RW Ramah Anak ini bagian dari  salah satu program Unggulan Kota Depok yakni Ketahanan Keluarga”, ujarnya.

Sobarudin menambahkan, masyarakat Ratu Jaya sudah mulai mengerti tujuan dan maksud RW Ramah anak, selain menciptakan kebersihan, namun lebih mengarah kepada pemenuhan hak-hak anak, agar anak-anak bisa berkreasi dilingkungan. “Kita juga sedang kolaborasikan dengan Eco Village, ini implementasi dari program propinsi Jawa Barat yang Juara Lahir Batin”, tandasnya.

baca juga:  Jalin Sinergitas, Sekber Wartawan Kota Depok Sambangi Dinas Pendidikan

Sementara itu, Ketua Program Eco Village Kelurahan Ratu Jaya Sanusi, yang juga menjabat Ketua RT. 005/007 mengungkapkan, semua ini dia jalankan lantaran adanya inisiatif dan support dari Kelurahan. “Kita bisa berjalan karena tak lepas dari inisiatif dan support dari Lurah, yang membuat kami semangat.  Lurah mengarahkan kita untuk tidak selalu meminta, tapi bagaimana caranya menciptakan sesuatu yang bisa mendatangkan manfaat bagi masyarakat”, tuturnya.

baca juga:  Camat Pancoran Mas Himbau Warga Bentuk Kepedulian Dunia Anak

Untuk itu, terangnya, RW Ramah anak dikolaborasikan dengan Eco Village, pasalnya arah tujuannya sejalan, sehingga RW Ramah Anak ini tercipta dengan sendirinya.

Kelurahan peraih Juara 1 Lomba P2WKSS dan terbaik se Jawa Barat ini juga sedang fokus mengembalikan pola hidup org tua dulu, yakni pola tertib masyarakat terhadap lingkungan. Selain itu, para pemudanya di RW 5, juga sudah mendeklarasikan RW.005 anti narkoba tahun kemarin berbarengan dengan Hari Sumpah Pemuda, sebagai kelanjutan dari P2WKSS. *cky

%d blogger menyukai ini: