Kodim 0508/ Latih Puluhan Pramuka Penanggulangan Bencana dan Navigasi Darat

 468 total views,  1 views today

DEPOK – Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok menggelar latihan penanggulangan bencana dan navigasi darat (Navrad) bagi anggota Saka Wira Kartika (SWK), Minggu (20/01/2019).

Kegiatan yang ikuti puluhan SWK (pramuka) binaan Kodim ini, dilaksanakan di halaman Makodim 0508/Depok, berupa simulasi membantu penanggulangan bencana alam.

baca juga:  Satpas SIM Pembantu 1221 Polrestro Depok Bantu Percepatan Vaksinasi Pemerintah

Perwira Seksie Teritorial (Pasiter) Kodim 0508/Depok Kapten Inf Ibrahim menyatakan, pembekalan pengetahuan dan kemampuan praktis penanggulangan bencana diperlukan bagi anggota SWK. Pasalnya, ini merupakan salah satu sektor yang berperan di setiap kejadian bencana.

“Pelatihan ini dimaksud untuk mempersiapkan tenaga relawan pramuka dalam penanggulangan bencana,” kata Ibrahim di Makodim 0508/Depok.

baca juga:  Dandim 0508 Serahkan 10 Motor Untuk Babinsa

Pada latihan ini, kata dia, anggota SWK Kodim Depok, dilatih untuk dapat memahami dan mampu melaksanakan perencanaan penanggulangan.

Menurutnya, jika terjadi bencana, dalam setiap penanganan penanggulangan, SWK tidak sendirian, ada pihak-pihak lain yang selalu menjadi mitra mereka, yakni BNPB, Basarnas, TNI, Polri, dan juga para relawan. Namun, kata dia, Pramuka selalu hadir dalam setiap penanganan bencana di daerah.

baca juga:  Tim Wasev Kodim 0508 Datangi Koramil 07

“Jadi, jika terjadi bencana, para pramuka binaan Kodim ini, sudah memiliki bekal pengetahuan dan kemampuan praktis untuk menanggulanginya,” kata Ibrahim. (*)

%d blogger menyukai ini: