Kodim 0508/ Latih Puluhan Pramuka Penanggulangan Bencana dan Navigasi Darat

DEPOK – Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok menggelar latihan penanggulangan bencana dan navigasi darat (Navrad) bagi anggota Saka Wira Kartika (SWK), Minggu (20/01/2019).

Kegiatan yang ikuti puluhan SWK (pramuka) binaan Kodim ini, dilaksanakan di halaman Makodim 0508/Depok, berupa simulasi membantu penanggulangan bencana alam.

Perwira Seksie Teritorial (Pasiter) Kodim 0508/Depok Kapten Inf Ibrahim menyatakan, pembekalan pengetahuan dan kemampuan praktis penanggulangan bencana diperlukan bagi anggota SWK. Pasalnya, ini merupakan salah satu sektor yang berperan di setiap kejadian bencana.

baca juga:  Pangdam Jaya Kunker ke-Koramil Jajaran Kodim 0508/Depok

“Pelatihan ini dimaksud untuk mempersiapkan tenaga relawan pramuka dalam penanggulangan bencana,” kata Ibrahim di Makodim 0508/Depok.

Pada latihan ini, kata dia, anggota SWK Kodim Depok, dilatih untuk dapat memahami dan mampu melaksanakan perencanaan penanggulangan.

baca juga:  Dandim 0508/Depok Donorkan  Darah Dalam HUT Hotel Savero

Menurutnya, jika terjadi bencana, dalam setiap penanganan penanggulangan, SWK tidak sendirian, ada pihak-pihak lain yang selalu menjadi mitra mereka, yakni BNPB, Basarnas, TNI, Polri, dan juga para relawan. Namun, kata dia, Pramuka selalu hadir dalam setiap penanganan bencana di daerah.

baca juga:  Keluarga Besar Kodim 0508 Ikuti Pembinaan Mental

“Jadi, jika terjadi bencana, para pramuka binaan Kodim ini, sudah memiliki bekal pengetahuan dan kemampuan praktis untuk menanggulanginya,” kata Ibrahim. (*)

 293 total views,  1 views today

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: