Kodim 0508/ Latih Puluhan Pramuka Penanggulangan Bencana dan Navigasi Darat

DEPOK – Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok menggelar latihan penanggulangan bencana dan navigasi darat (Navrad) bagi anggota Saka Wira Kartika (SWK), Minggu (20/01/2019).

Kegiatan yang ikuti puluhan SWK (pramuka) binaan Kodim ini, dilaksanakan di halaman Makodim 0508/Depok, berupa simulasi membantu penanggulangan bencana alam.

Perwira Seksie Teritorial (Pasiter) Kodim 0508/Depok Kapten Inf Ibrahim menyatakan, pembekalan pengetahuan dan kemampuan praktis penanggulangan bencana diperlukan bagi anggota SWK. Pasalnya, ini merupakan salah satu sektor yang berperan di setiap kejadian bencana.

Baca Juga:  Mendadak, Pangdam Jaya Sambangi 4 Koramil di Depok

“Pelatihan ini dimaksud untuk mempersiapkan tenaga relawan pramuka dalam penanggulangan bencana,” kata Ibrahim di Makodim 0508/Depok.

Pada latihan ini, kata dia, anggota SWK Kodim Depok, dilatih untuk dapat memahami dan mampu melaksanakan perencanaan penanggulangan.

Baca Juga:  Satpas SIM Polrestro Depok Mulai Berlakukan Tes Psikologi Seluruh Pemohon SIM

Menurutnya, jika terjadi bencana, dalam setiap penanganan penanggulangan, SWK tidak sendirian, ada pihak-pihak lain yang selalu menjadi mitra mereka, yakni BNPB, Basarnas, TNI, Polri, dan juga para relawan. Namun, kata dia, Pramuka selalu hadir dalam setiap penanganan bencana di daerah.

“Jadi, jika terjadi bencana, para pramuka binaan Kodim ini, sudah memiliki bekal pengetahuan dan kemampuan praktis untuk menanggulanginya,” kata Ibrahim. (*)

 528 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga:  Kota Depok Kembali Masuk PPKM Level 3, PTMT 50% Mulai Diberlakukan