Kodim Depok Deteksi Dini Ancaman Stabiltas NKRI Pemilu 2019

Mampang, planetdepok.com – Menjelang pesta rakyat Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden RI tahun 2019, Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok, kian intens menjaga keamanan wilayah Kota Depok , agar tidak terjadi gesekan sosial dari masing-masing kubu pasangan Capres 2019, yang dapat mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Komandan Kodim (Dandim) 05/08 Depok, Letkol inf Eko Syah Putra Siregar, dalam acara Ngobrol Pintar (Ngopi) dengan tema “Menjaga Stabilitas & Keutuhan NKRI Dalam Pelaksanaan Pemilu 2019” bersama Sekber Wartawan Kota Depok, di Aula Makodim Depok, Jumat malam (18/1/19) memaparkan, sesuai tugas pokok dan fungsinya, TNI secara tegas selalu bersikap Netral, tidak memilih maupun memberikan arahan kepada orang lain untuk memilih salah satu Capres.

Menjawab realita terbentuknya beberapa kelompok dalam perhelatan Pemilu 2019 ini, Siregar, sapaannya mengatakan, telah menebar para personilnya ke seluruh pelosok Kota Depok, guna mendeteksi dini ancaman stabiltas dan keutuhan NKRI, sebagai dampak dari terbentuknya kelompok-kelompok pengusung Calon Presiden RI.

“Untuk menjaga keamanan dan kondusifitas pelaksanaan Pemilu 2019, salah satunya dengan deteksi dini. Itu sudah saya lakukan dengan menebar para personil diwilayah Kota Depok”, imbuhnya.

Dandim Siregar menegaskan, selama sekian hari memantau keliling wilayah Depok, dirasakan ada satu sistem yang hilang pada masyarakat, yakni Ronda atau Siskamling. Dia meyakini dengan dihidupkannya kembali Siskamling, dapat ikut mencegah hal-hal yang tidak baik, dalam pelaksanaan Pemilu 2019 ini.

“Dengan adanya Siskamling, masyarakat punya rasa tanggung jawab menjaga keamanan lingkungan mereka dari pengaruh atau mencegah kegiatan buruk, terutama saat Pemilu tahun ini”,tandasnya.

Kodim Depok, tambah Siregar sangat membuka kerjasama masyarakat, dalam menjaga keamanan wilayah dengan memberikan informasi wilayah mereka, sehingga Kodim bisa mendeteksi, apakah kegiatan atau situasi tersebut, merupakan ancaman bagi keutuhan NKRI.Dengan deteksi dini, Dandim yakin bisa mencegah ancaman stabilitas dan keutuhan NKRI. (cky)

4 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2019 Planet Depok All Rights Reserved Powered by MasHer