KPPKMD Bersama Satgas Covid-19 Tuntaskan Para Pedagang Pasar Kemuri Muka Ikuti Vaksin Booster

planetdepok.com – Beji
Vaksinasi Booster pedagang di pasar kemiri muka. Kegiatan vaksinasi yang dimotori oleh Kerukunan Pedagang Pasar Kemiri Muka Kota Depok (KPPKMD) bersama Satgas Covid-19 Kelurahan Kemiri muka tersebut diikuti oleh masyarakat dengan antusias dan juga sebagai upaya membantu Pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

Mereka tampak membawa kartu vaksin dan KTP yang menunjukkan telah melakukan vaksinasi dosis pertama dan kedua.

Saat datang mereka diarahkan untuk melakukan pengecekan berkas dan kondisi kesehatan sebelum mendapatkan dosis ketiga vaksinasi.

Ketua KPPKMD Karno Suwardo, mengatakan vaksinasi booster secara jemput bola di Pasar, berlangsung Kamis, (3/03/2022).
“Di pasar ini bisa menjaring 45 sampai 50 sasaran vaksinasi. Bukan hanya pelaku usaha dan pelaku pasar di pasar tradisional saja, tapi pelaku ekonomi yang berada di kawasan Pasar ini bisa vaksinasi,” kata Karno, saat melakukan peninjauan, Kamis (24/2/2022), di pasar kemiri muka.


Pria yang biasa di sapa pakde Karno ini menjelaskan, proses vaksinasi mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB dengan mengunakan jenis vaksin Astrazaneca, vaksin pfizer dan sinovak.
Baca Juga:  Sekber Wartawan Depok Siap Gelar HPN 2022

Batas minimal penerimaan vaksin berusia 16 tahun ke atas setelah pelaksanaan vaksin dosis kedua.
“Iya target kami seluruh pedagang tervaksin booster, karena kita sudah melaksanakan vaksin dosis pertama dan kedua, jadi targetnya sudah tercapai,” ucap pakde.

Menurutnya, pedagang perlu diprioritaskan sebab pedagang pasar tradisional hampir setiap hari selalu berada dalam kerumunan. Kondisi ini membuat para pedagang menjadi kelompok rentan tertular COVID-19.

“Pedagang pasar tradisional itu setiap hari melayani pembeli. Mereka selalu berada di pusaran kerumunan. Maka, saya menilai mereka merupakan kelompok yang perlu mendapat prioritas vaksinasi,” katanya.

Baca Juga:  Warga RW 08 Kedaung Besok Kagak Boleh Masak Seharian

Sementara itu, Ketua Satgas Covid-19 Kelurahan Kemiri muka Friansyah, berharap perekonomian di Pasar semakin meningkat sejalan dengan percepatan vaksinasi booster.
“Pekoknya kita kebut untuk vaksinasi, hari ini di Pasar Kemiri muka, kalau memang pedagang masih membutuhkan kami siap,” jelas Friansyah, saat berada di Pasar, Kamis (03/03/2022).

Friansyah menambahkan, gelaran vaksin ini juga kerjasama dengan Polri, hal ini Polsek Beji dalam program Vaksin Presisi.

“Yang harapnya biar ekonomi terus bergerak, para pedagang-pedagang bisa tetap beraktivitas seperti dulu meskipun saat ini angka kasus Covid-19 sedang tinggi,” lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, pakde Karno turut mengapresiasi langkah UPT pasar, melalui TNI/Polri yang melakukan pelaksanaan vaksinasi bagi pedagang pasar tradisional Pasar. Ia pun berharap langkah serupa dilakukan di pasar-pasar lainnya.

Baca Juga:  Pensi dan Atraksi Ular Meriahkan HPN 2019

Langkah tersebut akan semakin mempercepat penciptaan kekebalan tubuh komunal (herd immunity). Adapun hal ini juga menjadi program utama Pemerintah di tengah pandemi COVID-19.

Oleh karena itu, Pakde Karno menyebut vaksinasi akan berdampak positif pada hampir seluruh sektor sendi-sendi kehidupan masyarakat. Selain dari sisi kesehatan, program vaksinasi juga berkaitan erat dengan pergerakan ketahanan ekonomi. (Adi).

 129 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.