KPU Depok Minta KPNP Sukseskan Pemilu, Bakesbangpol Ajak Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Nana Sobarna

Direktur LKSWI Putra Gara, Ketua KPU Depok Nana Sobarna, Kabid Politik & Ormas Bakesbangpol Depok Ndaru Ferik Prasojo
KALIMULYA, PLANETDEPOK.COM – Ketua KPU Depok Nana Shobarna meminta kepada para Ketua Partai Politik (Parpol) yang tergabung dalam Koalisi Partai Non Parlemen (KPNP), untuk bisa mensukseskan terselenggaranya Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada tahun 2024 mendatang.

“KPU Pusat telah menetapkan tanggal pemungutan suara yakni, hari Rabu tanggal 14 Februari 2024. Maka, saya berharap semua Parpol yang hadir disini, turut mensukseskan Pemilu serentak ini,” tukasnya, dalam launching Ngobrol Urusan Politik (Ngutik) yang digelar oleh KPNP bersama Lembaga Kajian Sekber Wartawan Indonesia (LKSWI), di Cafe Huis, Jalan Raya Kalimulya, Cilodong, Depok, Sabtu (5/3/2022).

Lebih jauh Nana memaparkan, pada Pemilu serentak mendatang, Parpol di Kota Depok, akan memperebutkan 50 kursi DPRD Kota Depok. Dengan acuan peraturan yang sama di Pemilu 2019, maka dari 6 Daerah Pemilihan (Dapil) untuk meraih satu kursi Parlemen, kisarannya mulai dari 34 ribu sampai 40 ribu suara.

Baca Juga:  Idris - Imam Dapat Dukungan Eks Relawan M08 Prabowo - Sandi

“Secara regulasi, Pemilu 2024 masih nengacu pada pengalaman tahun 2019, semua tahapannya tidak berbeda, mulai dari rekap dari TPS, ada saksi, kita hitung di TPS, lalu hitung di tingkat Kelurahan dan Kecamatan, sampai di tingkat Kota,” ungkapnya.

KPU, kata dia, sifatnya hanyalah sebagai fasilitator para peserta Pemilu. Jika ditanya Daerah Pemilihan (Dapil) berubah atau tidak, maka itu tergantung dari stake holder yang ada.

“Stake Holdernya adalah para Parpol, mereka nanti entah individu maupun atas nama Parpol, yang mengajukan perubahan, ” tambahnya.

Awal tahun 2023, tambahnya, akan ada penataan Dapil, mau berubah atau tidak tergantung stake holder, temasuk KPNP.

“Dalam forum FDG, para stake holder bisa menyampaikan itu secara tertulis beserta dengan alasannya, jika ingin ada perubahan Dapil, nanti akan kita usulkan ke KPU RI,” utasnya.

Nana Sobarna

Sementara itu, Kabid Politik dan Ormas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Depok Ndaru Ferik Prasojo mengatakan, tugas, peran dan fungsi Kesbangpol yakni membantu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu.
Baca Juga:  Diskominfo Ngajak Ngopi Bareng

“Sekarang banyak Partai membangun wadah besar, tapi jika tidak dibarengi dengan membangun isinya, tidak akan tercapai tujuannya. Yang kita inginkan adalah kepedulian dan partisipasinya masyarakat dalam Pemilu. Maka, kita sama-sama tumbuh kembangkan partisipasi masyarkt dalam pesta demokrasi ini,” ajaknya.

Namun, dia juga meminta para Parpol ikut memberikan juga pendidikan politik. Pasalnya, Kesbangpol sudsh keliling semua sekolah menengah melakukan pendidikan politik, ke pengurus lingkungan tingkat RT, RW dan pemuda, serta pemilih pemula.

Baca Juga:  Eratkan Silaturahmi Jelang Lepas Kepemimpinan, Qonita Mancing Bareng Pengurus & Kader PPP Depok

“Media saat ini bisa framing sedemikian rupa, sehingga bisa jatuhkan semangat pemuda menjadi antipati terhadap Pemilu. Sementara bangsa dan Negara, di bangun melalui proses Demokrasi,” terangnya.

Oleh karenanya, dia mengajak semua Parpol kerja bersama, karena yang dilakukan Bakesbangpol adalah untuk mendukung para politikus, sebab jika tidak siapkan sekarang, jelas jadi permasalahan Nasional yang serius.

“Kami harap, dari diskusi Ngutik ini, ada masukan bagaimana tumbuh kembangkan semangat Demokrasi para pemilih pemula,” pungkasnya. *iki

 138 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.