Mendagri Minta Wakil Walikota Depok Pahami UU Otda

Imam Budi Hartono
Imam Budi Hartono

DEPOK, PLANET DEPOK. COM – Sebagai kepala daerah baru atau pertama kalinya, Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono (IBH) diminta oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mohamad Tito Karnavian, agar memahami Undang – Undang (UU) Otonomi Daerah (Otda).

“Pak Mendagri Tito Karnavian, kemarin memberikan pesan ke kami, antara lain pentingnya pemahaman tentang Undang-undang Otonomi Daerah bagi kepala daerah baru. Kerena itu sebagai prinsip dasar untuk mengelola negara,” katanya, Selasa (15/6/2021).

Pesan itu, unggah dia, diberikan dalam kegiatan pembekalan Kepemimpinan Dalam Negeri Tahun 2021 yang diadakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI), pada Senin kemarin.

Baca Juga:  Dandim 0508 Serahkan 10 Motor Untuk Babinsa

“Pembekalan diberikan bukan hanya kepada kepala daerah baru menjabat pertama kalinya, tapi terhadap petahana yang juga kembali terpilih menjadi kepala daerah pada Pemilu serentak tahun 2020 lalu”, ujarnya.

Selain itu, kata Imam, pesan yang diberikan terkait dengan kebijakan-kebijakan pusat yang telah berubah. Seperti, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang berbarengan dengan Pemilihan Legislatif (Pileg) di tahun 2024.

Baca Juga:  Jelang Pencoblosan Pemilu, FKUB Ajak Masyarakat Tetap Menjaga Suasana Damai

“Periode pertama, pekan lalu untuk kepala daerah yang sudah menjabat kemarin atau petahana. Pekan ini untuk kepala daerah yang baru, saya termasuk yang baru,” tegasnya.

Dirinya mengatakan, pembekalan diberikan secara dalam jaringan (daring) atau online hingga Rabu besok. Sedangkan pembekalan offline dilaksanakan dua pekan kemudian. *cky

 102 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga:  Tahun 2019, Sekber Akan Lakukan Kajian terkait Sampah dan Pasar Tradisional