Menkes Minta Masyarakat Tidak Panik Omicron, Walikota Depok Siapkan Isoter OTG

Walikota Depok Mohammad Idris, Kasum TNI Letjen Eko Margiyono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, berdialog dengan salah satu Lansia, saat meninjau akselerasi percepatan vaksinasi serentak se - Indonesia, di Hotel Bumi Wiyata.

Walikota Depok Mohammad Idris, Kasum TNI Letjen Eko Margiyono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, berdialog dengan salah satu Lansia, saat meninjau akselerasi percepatan vaksinasi serentak se – Indonesia, di Hotel Bumi Wiyata.
MARGONDA, PLANETDEPOK.COM – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, meminta masyarakat tidak panik menghadapi Covid-19 varian Omicron yang kasusnya sedang meningkat. Sedangkan guna mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 yang kian meninggi, Walikota Depok telah menyiapkan Isoter bagi para pasien OTG.

“Varian omicron ini penyebarannya cepat, pasti naik tinggi kalau kita lihat di negara-negara lain, ini dua tiga kali lebih cepat,” ujarnya, saat meninjau akselerasi percepatan vaksinasi serentak se – Indonesia, di Hotel Bumi Wiyata Depok, Kamis (3/2/2022).

Kepada masyarakat yang terkena Covid-19 tanpa gejala, serta saturasi oksigen di atas 95 persen, dia meminta untuk melaksanakan isolasi mandiri di rumah. Menurutnya, rumah sakit diperuntukan bagi pasien yang membutuhkan oksigen.

Baca Juga:  Peringatan Maulid, Walikota Depok Ajak Warga Teladani Sifat Nabi Muhammad SAW

“Kedua, saya sampaikan yang belum divaksin harap cepat divaksin. Kita liat orang yang meninggal 60 persen belum divaksin dan yang terkena gejala berat 60 persen belum divaksin juga. Serta tetap menjaga protokol kesehatan dan kita hadapi varian baru ini,” paparnya.


Di tempat yang sama, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, saat ini pihaknya sudah membuka kembali tempat Isolasi Terpusat (Isoter) bagi pasien Covid-19 berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG), di Guest House Pusat Study Jepang (PSJ) Universitas Indonesia (UI), mulai 31 Januari 2022. Kapasitas Isoter PSJ sendiri, yakni sebanyak 56 tempat tidur.
Baca Juga:  Warga RW 01 Kelurahan Mekarjaya Terima Bansos Tunai

“Bagi mereka yang tidak memungkinkan isolasi mandiri di rumah dan tidak memadai, itu yang kita dorong ke isolasi terpusat PSJ,” utasnya.

Selain itu, Walikota Depok memberikan apresiasi atas terselenggaranya akselerasi percepatan vaksinasi serentak se-Indonesia, yang diadakan oleh TNI-Polri.

Pelaksanaan vaksinasi booster di Kota Depok, imbuhnya, saat ini masih terus dilaksanakan. Vaksinasi booster untuk tenaga kesehatan sudah, begitu juga vaksinasi untuk Lansia, sedang berjalan terus dan yang ketiga, sudah masuk booster untuk masyarakat.

Baca Juga:  Disdukcapil Musnahkan 32 ribu E-KTP

“Ini yang sedang kita lakukan dan tentunya Polri dan TNI sangat membantu percepatan ini, juga gerakan-gerakan cepat untuk vaksin booster,” pungkasnya. *iki

 57 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.