Musrenbang Kecamatan Panmas, Prioritas Peningkatan Infrastruktur Perkotaan dan Pemulihan Ekonomi

Pancoran Mas – planetdepok.com.
Dalam rangka perencanaan pembangunan tahun 2023, Kecamatan Pancoran Mas menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Tahun 2022.

Musrenbang dengan tema “Meningkatkan pelayanan Infrastruktur Dasar perkotaan dan Pemulihan Ekonomi Daerah” itu berlangsung Kamis (03/02/2022) di Aula Gedung Kecamatan Pancoran Mas.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Pancoran Mas Syaiful Hidayat,S.SPD.M.SI., mengatakan, Musrenbang tersebut untuk memantapkan program di tingkat Kelurahan merencanakan sub kegiatan dalam menu wajib yang menjadi prioritas pembangunan tahun depan. Mayoritas di antaranya adalah kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat.


“Sesuai tema kami, maksimalkan kegiatan dalam menu wajib tentunya sisanya arahkan ke menu pilihan,” kata Syaiful Kamis (03/02/2022). Di dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2023, ada kegiatan wajib dan prioritas yang akan dilaksanakan tahun depan.
Baca Juga:  Kalbe Terima Fasilitas Pinjaman Rp1 Triliun dari BNI

“Ini tidak hanya infrastruktur tapi juga non infrastruktur kegiatan itu, dan sepakat melaksanakan arahan Badan Perencanaan Pembangunan dan Pengembangan Penelitian Daerah (Bappeda),” ucapnya.

Adapun belasan kegiatan dalam menu wajib yang diprioritaskan antara lain Kampung Cerdas Ramah Keluarga, pelaksanaan Kelurahan Layak Anak, penguatan kapasitas dan operasional kelembagaan PKK kelurahan. Pengelolaan kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat penanggulangan TB dan HIV, serta penanganan stunting.

Kemudian, penyelenggaran Kelurahan Sehat, pelacakan warga putus sekolah, pendidikan usia dini, pelatihan pemilahan sampah, pelatihan inovasi/teknologi tepat guna. Berikutnya, pelatihan manajemen kepemimpinan pelopor bagi organisasi kepemudaan forum dan sosial kemasyarakatan tingkat kelurahan, pembinaan lembaga kemasyarakatan, septic tank individual, pembuatan sumur resapan, dan pemasangan penerangan jalan lingkungan.

Baca Juga:  Disdik Sosialisasikan Penulisan Ijazah SMP 2019

“Untuk yang infrastrukturnya kami fokus meningkatkan sisi kualitas jalan pada sektor perbaikan saluran air atau drainase. Karena berdasarkan laporan warga jalan lingkungan sudah baik presentasenya. Kami harap semua kegiatan ini dapat terlaksana tahun depan,” Ujarnya.


Syaiful menuturkan, Pembangunan fisik pada tahun depan, yang belum tertampung di kelurahan Kecamatan akan memprogramkan, Pembangunan fisik akan diserahkan kepada Perangkat Daerah (PD) terkait.

“Kalau perbaikan jalan, jembatan dan drainase ada di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), taman kelurahan di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) serta Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkin) dan Pokok Pikiran (Pokir) DPRD,” tuturnya.

Baca Juga:  Pembuatan LRB Kelurahan Tirtajaya Terhambat Minimnya Alat

Terakhir, dirinya berharap berbagai usulan yang disampaikan dapat terlaksana. Tanpa ada usulan yang dikurangi.

“Saya juga meminta warga untuk taat membayar pajak karena dari sanalah pembangunan dapat terealisasi,” tutupnya. (Adi).

 58 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.