Pasien Hipertensi Primer Capai 6.238, Kadinkes Ajak Masyarakat Terapkan CERDIK

BALAIKOTA, PLANET DEPOK. COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengajak masyarakat menerapkan program CERDIK, sebagai salah satu upaya mencegah hipertensi, sehingga hidup lebih lama.

Dalam pantauan Dinkes Depok, pasien Hipertensi Primer (esensial) terpantau bulan ini mencapai 6. 238 orang.

Kepala Dinkes Kota Depok Novarita mengatakan, pesan tersebut disampaikan sesuai dengan tema peringatan Hari Hipertensi Sedunia setiap tanggal 17 Mei. Tema yang diusung tahun ini yaitu ‘Ukur Tekanan Darah Anda, Kendalikan, Hidup Lebih Lama’.

baca juga:  2 Warganya Terjangkit Covid-19, Wali Kota Minta Warga Depok Tenang & Tidak Panik

“Sesuai dengan tema Hari Hipertensi bahwa kita harus rutin mengukur tekanan darah dan melakukan pola hidup sehat. Cara itu agar hidup lebih lama dan terbebas dari hipertensi,” tuturnya dalam portal berita Pemkot Depok, Senin (17/5/21).

baca juga:  RSUD Depok Ajak Masyarakat Berbudaya Sehat Lewat Seminar

Novarita menuturkan, CERDIK itu adalah Cek Kesehatan Secara Berkala, Enyahkan asap rokok, dan Rajin aktivitas fisik. Selain itu juga dengan diet seimbang, istirahat cukup, dan kelola stres.

Lanjut dia, hipertensi dapat mempengaruhi 30 persen populasi orang dewasa di seluruh dunia atau lebih dari satu miliar orang di dunia. Ini menjadi faktor risiko utama penyakit kardiovaskuler, terutama penyakit jantung koroner dan stroke.

baca juga:  Hardiono Harapkan Puskesmas Kemirimuka Capai Standar Mutu Paripurna

“Hipertensi juga bisa mengakibatkan penyakit ginjal kronis, gagal jantung, aritmia, dan domensia,” tandasnya. *cky

 28 total views,  1 views today

%d blogger menyukai ini: