Ekbis  

Pelaku Kuliner Dominasi Pemberian Sertifikat Halal Disdagin Depok

Kepala Disdagin Depok Zamrowi (foto: ist)

Kepala Disdagin Depok Zamrowi (foto: ist)
Balaikota, Planetdepok.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin), setiap tahunnya selalu membantu pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dalam pembuatan sertifikat halal.

Hingga 2022, Disperdagin telah memfasilitasi 211 IKM mendapatkan sertifikasi halal.

Kepala Disdagin Kota Depok, Zamrowi menjelaskan, pemberian sertifikat tersebut didominasi oleh para pelaku usaha makanan dan minuman atau kuliner.

Menurutnya, kuliner memiliki pasar yang besar dalam kegiatan ekonomi di industri kecil menengah.

Baca Juga:  NJOP Naik, Pemkot Depok Kasih Diskon 50 Persen

“Iya setiap tahun kami berupaya untuk memfasilitasi para pelaku IKM untuk memiliki sertifikat halal. Karena ini penting untuk lisensi produknya aman untuk dikonsumsi,” jelasnya, Kamis (6/10/2022).

Ia menuturkan, pihaknya mulai memfasilitasi pembuatan sertifikat halal sejak 2016. Dengan rincian pada 2016 ada 36 IKM, 2017 ada 30 IKM, 2018 ada 40 IKM.Lalu pada 2019 ada 25 IKM, 2021 ada 40 IKM, dan 2022 juga 40 IKM.

Baca Juga:  Lurah Bersama Ketua TP PKK Mekarsari Kunjungi UMKM Buatan Prodak EN-DEN, Ternyata Sudah Dikenal

Pada 2020, tekannya, tidak ada fasilitasi pembuatan sertifikat halal, lantaran anggarannya di refocusing akibat Pandemi Covid-19.

“Dengan dilaksanakannya sertifikasi halal, akan mendorong daya saing produk dan menambah nilai bagi pelaku IKM,” ungkapnya.

Sedangkan bagi konsumen, sambungnya, hal itu akan memberikan rasa aman dalam mengkonsumsi produk makanan dan minuman. *iki

 28 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga:  Bulog Sub Divre Cianjur Alokasikan 10 Ribu Liter Minyak Goreng Kemasan