Pemilihan Sekda Kota Depok, IBH: Pilihan Pak Wali Pilihan Saya Juga

 112 total views,  1 views today

IBH bersama Mohammad Idris
DEPOK, PLANET DEPOK. COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah membuka pendaftaran seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, di mulai tanggal 8 hingga 24 Mei 2021, serta berlaku untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) se-Jawa Barat.

“Alhamdulillah, surat kami diterima Kemendagri untuk leading Sekretaris Daerah. Kami membatasi pendaftaran hanya se-Jawa Barat. Itu tidak melanggar aturan. Jadi kami membuka se-Jawa Barat saja. Sekarang ini proses pendaftaran, baik internal dan eksternal,” tutur Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono (IBH) Minggu (23/5/21).

Menurut IBH, Sekda sangat berperan penting di pemerintahan daerah dan membantu kerja dari kepala daerah. Kata Imam lagi, Sekda adalah pemimpin Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan ASN di tingkat pemerintahan daerah.

“Doa kan ini berjalan lancar, sehingga mendapatkan SDM Sekda yang bisa membantu kami dalam bekerja menjalani pemerintahan di Kota Depok, sesuai visi dan misi Idris-Imam. Pilihan Pak Wali, ya pilihan saya juga,” tekannya.

Lebih lanjut Imam mengatakan, para peserta calon Sekda Depok yang mendaftarkan diri, harus sesuai dengan persyaratan yang ada.

Kata dia, seperti golongan, eselon, pangkat yang sudah diterpenuhi dan lainnya. Lalu juga peserta calon sekda ini tidak diperbolehkan mendaftar bagi ASN yang menjelang pensiun dua tahun lagi.

“Sesuai persyaratan dan kualifikasi yang ada,” tegasnya.

Sementara Pj Sekda Kota Depok Sri Utomo mengatakan, pendaftaran seleksi jabatan sekda akan diumumkan melalui website Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok. Panitia seleksi (Pansel) juga telah dibentuk yang terdiri dari lima orang.

baca juga:  Sah Pimpin Perguruan Shiroite Depok, Irfan Januar Targetkan Toreh Prestasi

“Pembukaan pendaftarannya juga telah kami share melalui website BKPSDM Depok,” ujarnya.

Sri Utomo mengatakan, tim Pansel Sekda Kota Depok terdiri dari unsur profesional, akademisi, dan praktisi yakni kepegawaian Provinsi.

Pembentukan tim pansel, sebelumnya sudah mendapat persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) serta Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), melalui Provinsi Jawa Barat.

Dia menuturkan, proses seleksi diperkirakan memakan waktu selama satu sampai dua bulan. Sementara hasil seleksi akan diumumkan pada 23 Juni 2021.

“Terkait tata cara pendaftarannya, dilakukan secara online, mengumpulkan berkas dengan format PDF dan dikirimkan melalui emailpansel_bkpsdm@depok.go.id, paling lambat 24 Mei pukul 24.00 WIB. Semua tata cara bisa dilihat melalui website BKPSDM Kota Depok di www.bkpsdm.depok.go.id,” tandasnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah membuka lelang jabatan untuk posisi Sekretaris Daerah (Sekda). Saat ini posisi tersebut masih diisi oleh Pj Sekda Kota Depok, Sri Utomo.

Berdasarkan surat pengumuman Nomor: 800/003-PST/BKPSDM/V/2021 tentang Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama SekretarisDaerah Kota Depok Tahun 2021, dijelaskan beberapa syarat untuk mengikuti lelang jabatan Sekda. Antara lain berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.

Lalu, sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Tingkat 1 Golongan/Ruang IV/b, diutamakan memiliki pangkat Pembina Utama Muda Golongan/Ruangan IV/c. Sedang atau pernah menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II.b) atau Jabatan Fungsional Madya sekurang-kurangnyadua tahun, berusia paling tinggi 56 tahun pada tanggal 1 Agustus 2021.

baca juga:  Pemkot Depok Terbitkan Aturan Pelaksanaan Iktikaf, THR, Larangan Mudik & Salat Idul Fitri

Kualifikasi pendidikan minimal S1/D-IV, diutamakan pendidikan S2 dari program studi berakreditasi minimal B, telah mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat II atau Diklat jabatan fungsional yang setara. Semua unsur penilaian prestasi kerja sekurang-kurangnya bernilai baik dalam dua tahun terakhir.

Selanjutnya, memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik. Bagi pelamar yang berasal dari luar Kota Depokditandatangi oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau Pejabat yang Berwenang (PyB), sedangkan yang dari Kota Depok ditandatangani oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Kemudian, tidak sedang dan/atau tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang maupun berat dalam waktu tiga tahun terakhir yang ditandatangani oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang bertanggung jawab di bidang kepegawaian, serta sehat jasmani dan rohani.

Tata cara pendaftaran, pelamar membuat surat lamaran yang ditujukan kepada panitia seleksi terbuka. Surat lamaran dan kelengkapan berkas lainnya disampaikan kepada sekretariat panitia seleksi pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kota Depok dalam format PDF melalui email: pansel_bkpsdm@depok.go.id, paling lambat 24 Mei pukul 24.00 WIB.

Sementara dokumen PDF yang harus dilampirkan di antaranya daftar riwayat hidup, surat persetujuan dari PPK, SK kenaikan pangkat terakhir, SKpengangkatan dalam jabatan pimpinan tinggi pratama eselon II.b atau jabatan fungsional madya.

baca juga:  Jelang Idul Fitri, Pemkot Depok Jalin Silaturahmi Bersama Insan Pers

Lalu, ijazah pendidikan terakhir, surat tanda tamat pelatihan Diklat kepemimpinan tinggi pratama eselon II.b atau jabatan fungsional madya, sasaran kinerja pegawai (SKP) tahun 2019 dan 2020.

Berikutnya, NPWP, Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) tahun 2020, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN), formulir rekam jejakjabatan, integritas, dan moralitas.

Pakta integritas, surat keterangan tidak sedang dan/atau tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang maupun berat, dalam waktu tiga tahun terakhir yang ditandatangani oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang bertanggung jawab di bidang kepegawaian, serta surat pernyataan bermateri Rp 10.000 yang menyatakan bahwa semua dokumen yang dilampirkan dalam berkas adalah benar.

Sedangkan jadwal seleksi yaitu, pengumuman pendaftaran 7-24 Mei 2021pendaftaran dan penerimaan berkas 8-24 Mei, seleksi administrasi 25-28 Mei, pengumuman seleksi administrasi 31 Mei. Lalu uji kompetensi 2 Juni, pemeriksaan kesehatan dan MMPI-2 7 Juni, pengumuman uji kompetensi 15 Juni, penulisan makalah 16 Juni, wawancara 21 Juni, dan pengumuman akhir pada 23 Juni.

Pelaksaan seleksi ini tidak dikenakan biaya atau pungutan dalam bentuk apapun. Sekretariat panitia seleksi pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kota Depok dengan narabuhung Novi Andriani 085216171829 atau Rina R. Novianti 081287633733. *cky

%d blogger menyukai ini: