Pemkot Depok Bentuk Tim Cagar Budaya

 800 total views,  2 views today

BALAIKOTA, planetdepok.com |Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Pemuda, Olah Raga, Budaya dan Pariwisata (Disporyata) bentuk Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) untuk menetapkan situs dan bangunan-bangunan sejarah dikota Depok menjadi Cagar Budaya. Demikian dikatakan Eneng Sugiarti Kabid Kebudayaan dan Pengembangan Pariwisata, di Balaikota Depok,(9/5).

Menurut Eneng, Disporyata bekerjasama dengan Tim ACB terpilih dan sudah lulus melalui tahap sertifikasi serta pembekalan uji kompetensi, yang pelaksanaannya bekerjasama dengan Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permusiuman (PCBM ) Kemendikbud RI.

baca juga:  Baru 77, 28 Persen, DPAPMK Terus Upayakan PK 21 Kota Depok Mencapai Target

“Saat ini sedang menunggu sertifikat rampung, kemudian selanjutnya menunggu SK Walikota Depok untuk tahap pelaksanaan dan menentukan serta menjadikan situs dan bangunan sejarah di kota Depok, ditetapkan menjadi cagar budaya” jelasnya

Adapun Tim Ahli Cagar Budaya tersebut, beber Eneng,  terdiri enam personil, antara lain yaitu :

baca juga:  Depok Kembangkan Wisata Budaya Lewat Festival Kuliner Khas Depok

– Mushab Abdu Asy Syahid S.Ars. M.Ars (Ahli Arsitektur).
– Dr. Titik Tiwayuning M.Irsyam (Ahli Sejarah).
– Ratu Farah Diba SH (Sejarah)
– Djunaedi Chandra S.pd, M.pd (Pendidikan)
– Ary Sulistyo (Ahli Arkeolog)
– Agus Suherman, (Ahli Hukum)

Harapannya, setelah terbentuk TACB, bangunan serta situs sejarah yang ada dikotak Depok bisa ditetapkan oleh mereka menjadi cagar budaya.

baca juga:  Perhatian Presiden Jokowi Bikin Kemajuan Spektakuker di Papua

Penetapan tersebut melalui tahapan- tahapan yang sudah sesuai aturan berlaku, yaitu UU Nomor. 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Salah satu contoh rumah Cimanggis yang saat ini sudah ditetapkan oleh Pemkot Depok sebagai cagar budaya, melalui SK Walikota No. 593/ 289/kpts/Disporyata/Huk/2018.papar Eneng. (1ce)

%d blogger menyukai ini: