Pemkot Depok Dinilai Kementerian PUPR Terbaik, Walikota Serahkan Penghargaan

Planetdepok.com – Depok
Pemerintah Kota Depok menerima penghargaan pembangunan jalan terbaik ketiga se-Indonesia dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Walikota Depok, KH. Mohammad Idris menyerahkan penghargaan pemenang ketiga, kepada kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Depok Citra Indah Yulianty. Penilaian Kinerja Pemerintah Bidang Kebinamargaan dalam Penyelenggaraan Jalan Kategori Pemerintah Kota.

Penghargaan itu diberikan karena Pemerintah Kota Depok berhasil menuntaskan berbagai proyek jalan dengan cepat.


Walikota didampingi Wakil Walikota menyerahkan kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok. Penghargaan ini merupakan salah satu contoh kinerja Pemerintah Kota (Pemkot).

“Kinerja yang dinilai antara lain penuntasan masalah proyek jalan dari sisi kecepatan dan ketepatannya dan administrasi laporan keuangan dalam bidang Jalan dan Jembatan (Jajem). Serta regulasi terkait Pembangunan jajem di Kota Depok,” kata Walikota Mohammad Idris, usai Apel Pagi di Halaman Balaikota Depok, Senin (07/02/2022).

Baca Juga:  Lebaran Depok, Sandiaga Uno Bangga Pariwisata Depok Makin Berkembang

Idris juga menyebutkan, raihan ini menjadi motivasi serta pemicu untuk tingkatkan kinerja dalam pelayanan masyarakat. Dirinya juga berpesan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk melaksanakan tugas dengan keikhlasan dan keyakinan.

“Raihan ini dijadikan motivasi untuk bekerja lebih baik lagi. Selamat kepada DPUPR. Kegigihan bersama, melahirkan prestasi tingkat Nasional,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Depok Citra Indah Yulianty mengatakan, indikator yang menjadi poin penilaian penghargaan itu antara lain pembatasan jenis atau kelas kendaraan, pemakaian material yang terbaru produksi dalam negeri.

Atas prestasi tersebut, Pemkot Depok menerima dua buah alat berat jenis ekskavator senilai Rp 3 miliar dan piagam serta plakat.

Baca Juga:  Kesadaran Bermasker Warga Cipas Dinilai Cukup Tinggi

Lanjut Citra, ketersediaan informasi kepada publik dalam penanganan jalan, Surat Keputusan (SK) penetapan jalan, dokumen perencanaan program lima tahunan serta metode pelaksanaan juga menjadi indikator.


“Adapun, jalan yang ditinjau yaitu Jalan Margonda Raya dan Jalan di Grand Depok City (GDC),” kata Citra.

Menurutnya, jalan-jalan di Kota Depok sejauh ini sudah sangat baik. Karena semuanya sudah diaspal dan dicor. “Jadi dengan semua jalan yang sudah bagus, sangat layak Kota Depok mendapatkan penghargaan ini,” tuturnya.

Penghargaan ini menurut Citra, tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Bina Marga Nomor 76/KPTS/Db/2021 tanggal 20 Desember 2021.

“Alhamdulillah, DPUPR Kota Depok meraih Juara tiga dalam lomba Penilaian Kinerja Pemerintah Bidang Kebinamargaan dalam Penyelenggaraan Jalan Tahun 2021 katagori Tingkat Kota,” papar Citra.

Baca Juga:  Sekda Diminta Walikota Komandani Pekerjaan Pemkot Depok Tahun Ini

Citra menambahkan, kategori penilaiannya juga didukung dengan data inventaris kondisi dan jumlah alat berat yang dimiliki oleh pihaknya. Dari raihan tersebut, DPUPR mendapatkan Rp 3 miliar berupa alat berat.

“Penghargaan ini juga tidak lepas dari kinerja pemimpin yang terdahulu. Mudah-mudahan ini bisa lebih melayani masyarakat lebih baik lagi,” tutupnya. (Adi).

 117 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.