Pemkot Depok Luncurkan Sekolah Ayah Bunda

MARGONDA, planetdepok.com – Guna mendukung tercapaikan Kota Depok sebagai Kota Layak Anak, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Pemberdayaan Anak Perempuan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK), mendirikan Sekolah Ayah Bunda. Sekolah ini juga dibentuk atas dasar persoalan sosial anak yang terjadi di Depok, untuk memperkuat peran Ayah Bunda dalam keluarga. Sekolah tersebut pun menjadi sekolah pertama di Indonesia.

Sekolah Ayah Bunda yang pesertanya dari kalangan birokrat seperti Asisten, Camat dan lurah tersebut, di resmikan oleh Walikota Depok Mohammad Idris di Hotel Bumi Wiyata Margonda Depok, Selasa (16/7/19), bersamaan dengan Talk Show dan Launching Sekolah Ayah Bunda dengan Tema “Ayah Bunda Berdaya Anak Bahagia”.

Kadis DPAPMK Kota Depok Nessi Anisahandari mengatakan, masalah ekonomi, tingginya tingkat perceraian, perkembangan teknologi, menjadi masalah sosial pada anak lantaran kurangnya peran Ayah Bunda terhadap anaknya. Untuk itu Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mendirikan Sekolah Ayah Bunda.

“Tujuannya untuk mempererat ketahanan keluarga, meningkatkan kapasitas ayah bunda dalam mengasuh anak, kiat pemberdayaan lingkungan anak dalam keluarga dan menguatkan pembangunan keluarga menuju masyarakat yang bahagia dan sejahtera. Ayah Bunda berdaya anak bahagia”, tegasnya.

Nessi menekankan, untuk angkatan pertamanya sasaran 25 pasangan 6 kali pertemuan. Nantinya mereka akan di wisuda setelah mengikuti sekolah tersebut. “Materi Talk Show hari ini dibawakan oleh Irwan Reynaldi pakar Parenting, Leni Sintolini psikolog dan Elly Farida Ketua TP PKK Kota Depok. Pesertanya para asisten, Lurah dan Camat dengan menggunakan biaya APBD Depok 2019”, paparnya.

Sebelum meresmikan sekolah tersebut, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan sekolah tersebut punya nilai strategis, pasalnya menangani persoalan bukan hanya dengan satu langkah. “Sekolah ayah bunda sifatnya sosial, dari 25 pasangan ini diharapkan jadi trainer dan dikembangkan kepada minimal 10 pasang, setelah lukus dalam 6 kali pertemuan”, terangnya.

Baginya, kemajuan teknologi merupakan tantangan bagi keharmonisan keluarga dan pendidikan anak-anak. Untuk itu harus perkuat benteng keluarga lewat ketahanan keluarga.”Khusus Camat dan Lurah harus benar-benar perkuat ketahanan keluarga masyarakat. Diharapakan dapat berkolaborasi dalam mencetak penerus-bangsa bangsa yang Unggul Nyaman dan Religius.

Sebelum menutup sambutannya, Idris menegaskan bahwa sekolah Ayah Bunda Kota Depok adalah yang pertama di Indonesia. *cky

 163 total views,  1 views today

%d blogger menyukai ini: