Pentingnya Pengembangan Kolaborasi Internal Untuk Membangun Sinergitas

Sekretaris DPD SWI saat pemaparan Tema Rakerda tahun 2023 DPD SWI Kota Depok

Sekretaris DPD SWI saat pemaparan Tema Rakerda tahun 2023 DPD SWI Kota Depok
Bogor, Planetdepok.com – Bendahara Umum (Bendum) DPP Sekber Wartawan Indonesia (SWI), membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2023 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) SWI Kota Depok, yang bertema Resiliensi Kolaborasi, dan Berkelanjutan, di Ubersam Cottage, Cibereum, Kabupaten Bogor, Rabu (13/12/2023).

Ketua DPD SWI Kota Depok Dindin Syarifudin mengatakan, Rakerda Tahun 2023 ini, akan mengevaluasi sekaligus menyusun program kerja kedepannya.

“Sesuai tema kita, Resiliensi, Kolaborasi dan Berkelanjutan, Rakerda tahun ini kami berupaya mengoptimalkan sumber daya yang ada,” tukasnya.

Dengan menitikberatkan, tambahnya, pada progres dari divisinya masing-masing, agar sejumlah program kerja yang telah tersusun, bisa dilaksanakan

Pembina DPD SWI Kota Depok Herry Budiman menekankan, tema resiliensi, menunjukan SWI Kota Depok adalah sebuah organisasi yang ingin maju.

“Untuk itu, harus peka terhadap informasi-informasi yang sifatnya memajukan organisasi dan kualitas sumber daya manusianya,” ujarnya.

Lebih jauh ia memaparkan, SWI Depok harus mencari informasi di luar organisasi, lalu beradaptasi dgn informasi itu.

“Misalnya, Dewan Pers sedang mengadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), maka DPD SWI Kota Depok harus ikut dalam kegiatan tersebut. Nah, hal yang demikian itu adalah bagian dari resiliensi,” jelas Herry.

Sedangkan untuk kolaborasi, Herry menjelaskan bahwa, kolaborasi tidak sama dengan sinergi atau kerjasama.

Menurutnya, perlu dikembangkan kolaborasi internal antar individu, dalam hal ini bidangnya, dengan program kerja yang ada.

“Setelah kolaborasi internal, baru kita berkolaborasi dengan eksternal atau pihak luar,” imbuhnya.

Herry mengibaratkan, seperti halnya sepiring nasi goreng, ada cabe, tomat dan yang lain, lalu disatukan agar jadi nasi goreng dengan rasa yang sesuai dari masing-masing komponen, tidak menonjolkan satu komponen.

“Nah, divisi-divisi yang merupakan bagian dari SWI Kota Depok, saya harapkan bisa menciptakan rasa itu,” urainya.

Dari kolaborasi itu, tambahnya, dilanjutkan dengan sinergi, sebagai keberlanjutan dari kolaborasi yang telah tercipta.

“Sinergi itu kerjasama yang bersyarat, maka sustainability menjadi bagian dari hal yang harus kita rawat dan kita pertahankan,” tegasnya.

Herry berharap, DPD SWI Kota Depok, yang secara Nasional mungkin sudah dikenal dengan ikon Ngopi Bareng, maka program tersebut harus terus bisa dilaksakan, minimal 1 bulan sekali.

“Paradigmanya harus kita ubah, tidak harus pejabat, bisa komunitas atau lainnya. Kita ajukan gagasan lalu satukan menjadi sebuah topik untum “Ngopi Bareng,” utasnya.

Sementara itu, Bendum DPP SWI Kota Depok Anwar Nurdin menekankan, pentingnya sebuah tempat, untuk pengembangan organisasi dan anggota.

Pasalnya, tanpa adanya tempat yang pasti dan jelas, akan ada kesulitan – kesulitan yang timbul.

“Harus jelas tempat kita dimana, sehingga bersama pengurus dan anggota, kita bisa singkirkan kesulitan-kesulitan yang menerjang kita,” tandasnya.

Pembina sekaligus Ketua Panitia Rakerda DPD SWI Kota Depok Tony Yusep menyampaikan, tema Rakerda yang diusung tahun ini, merupakan cerminan apa yang telah dan akan dijalankan oleh SWI Depok.

“Tema ini merupakan, cerminan dari apa yang telah dan akan SWI Depok jalankan ke depannya,” urainya.

Tony juga menyampaikan, terima kasih dan apresiasi tinggi, kepada para donatur yang telah berpartisipasi, hingga terlaksananya Rakerda DPD SWI Kota Depok Tahun 2023.

Selain pengurus dan anggota serta para Pembina, tampak hadir dalam Rakerda Tahun 2023 DPD SWI Kota Depok yakni, Humas DPP SWI Hendra Gunawan, Kabid Pemberdayaan Perempuan DPP SWI Maya, Kabid Hubungan antar lembaga DPP SWI Arif Ramdani. *iki

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.