Peringati World Clean Up, Wakil Walikota Depok Bersihkan Situ Tujuh Muara

BOJONGSARI, PLANETDEPOK.COM – Memperingati World Clean Up Day 2021, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, menggelar aksi bersih-bersih Setu Tujuh Muara atau akrab di kenal Situ Bojongsari, jalan Aliandong RT 01 RW 09 Bojongsari – Depok, Minggu (19/9/21).

Di hadiri Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono (IBH), Aksi bersih-bersih warga bersama Pokdarwis Situ Tujuh Muara itu, dinilai IBH sangat inspiratif dan keren.

“Aksi bersih-bersih di Situ Bojongsari merupakan kegiatan untuk mencintai alam dan peduli lingkungan. Kita berharap kegiatan seperti ini terjadi di semua kalangan baik di situ, sungai serta lingkungan sekitar,” ujarnya usai membersihkan kapu-kapu, World Clean Up Day di Situ Tujuh Muara di Kelurahan Bojongsari pada Minggu (19/9/2021).  

Baca Juga:  Bawaslu Depok Menyapa Kejari Beri Penghargaan

Mengenai kapu-kapu yang tumbuh rutin, katanya, Pokdarwis harus diberdayakan  bersama masyarakat untuk menjaga kawasan situ agar selalu bersih.

Selain itu, aksi tersebut menurutnya sangat tepat lantaran kawasan situ bisa dijadikan destinasi wisata.“Situ Tujuh Muara bagus banget untuk destinasi wisata,” ucapnya.

Imam menambahkan, dibutuhkan kerjasama antara pemerintah daerah dan pusat, yang memang mempunyai kewenangan situ serta penganggarannya

Terkait Situ Tujuh Muara akan dijadikan kawasan wisata, lanjutnya, sudah dilakukan penelitian dan pengkajian terhadap Situ Muara dan situ lainnya, untuk dijadikan destinasi wisata, baik wisata  air, wisata alam dan juga wisata kuliner serta budaya di sekitar situ.

Tidak hanya itu, IBH juga berharap di kawasan Situ Tujuh Muara disediakan fasilitas pendukung seperti adanya jooging track.

Baca Juga:  PS Korpri dan Atmajaya FC Melaju ke Final Liga Askot Depok

“Kami berharap ada jogging track keliling (kawasan situ) karena masih ada yang terhalang sama lahan perumahan, mudah- mudahan pihak perumahan bisa memberikan akses untuk jogging track dan pesepeda,” pungkasnya.

Wakil Walikota Depok IBH bersama Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati usai membersihkan kapu-kapu situ tujuh muara dalam puncak peringatan World Clean Up

Terkait peringatan World Cleaner Up, Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati menyampaikan, sudah membuat surat instruksi dari Wali Kota Depok kepada semua kecamatan dan kelurahan hingga ke tingkat RW dan RT, untuk melakukan aksi bersih.

“Dikarenakan pandemi Covid-19 maka pelaksanaan tidak terlalu gebyar, namun berjalan dengan keterbatasan personal. Dan satu hal, pemilahan – pemilahan dari tingkat rumah tangga sudah berlangsung, Pak Wakil Wali Kota pernah hadir dibeberapa acara pemilahan sampah”, terangnya.

Peringatan World Clean Up tersebut, kata dia puncaknya pada hari minggu (19/9/21) dan diperingati diseluruh dunia, termasuk hari ini di Setu Tujuh Muara Bojongsari.

Baca Juga:  Fans Raja Dangdut Rhoma Irama Berpihak ke Idris - Imam

“Kegiatan World Clean Up oleh provinsi dan Pusat dilakukan secara Webinar, ada pak Luhut Binsar Panjaitan selaku Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi . Semoga area Setu Tujuh Muara ini kedepannya dapat sebagai destinasi wisata, mengingat Pemerintah Kota (Pemkot) Depok focus untuk penataan dan pengembangan Setu Tujuh Muara”, pungkasnya. *cky

 77 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.