PMI Depok Upayakan Kerjasama Pemanfaatan Darah Dengan RSUP Fatmawati & RSCM

Ketua PMI Depok Dudi Miraz (foto: ist)

Ketua PMI Depok Dudi Miraz (foto: ist)
GDC, PLANETDEPOK.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok, akan melakukan kerja sama terkait pemanfaatan darah dengan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Pasalnya, hingga saat ini, kerja sama urung dilakukan lantaran kedua RS tersebut memiliki bank darah.

“Sedang kami upayakan terkait kerja sama ini. Kami sudah bersurat ke Kementerian Kesehatan, untuk bantu fasilitasi. Kalau kami penuhi syarat dan kriteria, maka PMI bisa masuk untuk membantu warga yang membutuhkan darah di RS tersebut,” terang Ketua PMI Kota Depok, Dudi Miraz, di ruang kerjanya, Senin (14/3/2022).

Seluruh rumah sakit yang ada di Kota Depok, Bogor, Jakarta dan sekitarnya, kata dia telah terikat kerja sama dengan PMI Kota Depok, terkait pemanfaatan darah. Utamanya PMI sekitar dan rumah bersalin.

Baca Juga:  Pemkot Depok Wacanakan Buka RS Darurat Covid

Selain memiliki bank darah, ungkapnya, RSUP dan RSCM, biasanya masyarakat lebih yakin akan donor pengganti dari keluarga. Namun demikian, darah sebagus apapun akan ditolak pihak RS, lantaran tidak ada kerja sama tersebut.

Baca Juga:  Pemkot Depok Buka Lowongan Nakes RS Karantina Makara UI

Jika tidak ada kendala, kata Dudi, kerja sama akan dilaksanakan pada tahun 2023.

“Sebelumnya, kami akan menyambangi RS tersebut untuk melakukan audiensi. Mudah-mudahan tahun 2023 bisa segera terlaksana kerja sama ini, sehingga warga Depok yang butuh darah di RSUP dan RSCM, bisa kami drop,” tutupnya. *iki

 180 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga:  Babinsa Abadijaya Koramil 03/Sukmajaya Ahli Cegah Penyebaran Covid 19 Dengan Serter