Pokja Ramah Lansia Kelurahan Cipayung Terbentuk

(Foto: Riki)
(Foto: Riki)

CIPAYUNG, planetdepok.com – Guna memenuhi Perwal dan mewujudkan Visi serta program Unggulan Kota Depok, pagi tadi Kelurahan Cipayung membentuk Pokja Ramah Lanjut Usia ( Lansia), di aula Kantor Kel. Cipayung, Selasa (2/4/19).

Sebelum acara tersebut dimulai, Ketua Lembaga Lansia Indonesia (LLI) Kec. Cipayung Achroni menyampaikan, Pokja Ramah Lansia dibentuk untuk menjembatani para lansia yang punya bakat, serta menumbuhkan peran aktif mereka dalam masyarakat. “Intinya untuk memberdayakan lansia, agar mereka tetap aktif bermasyarakat di usia senjanya”, ujarnya.

Pokja Ramah Lansia ini, menurut Achroni dibentuk tapi tidak memiliki dana kegiatan, sehingga akan sangat sulit untuk melakukan kegiatan. “Sementara ini kegiatan baru senam saja, tiap jumat di halaman Kantor Kecamatan Cipayung

Baca Juga:  P3D Samsat Cinere Launching Program Triple Untung Plus

Dalam sambutannya Lurah Cipayung Herman, bertindak sebagai Ketua Pokja Ramah Lansia, lantaran Cipayung tidak punya Sekretaris Kelurahan.Dia mengatakan, saat ini Cipayung banyak kegiatan yang libatkan lansia, seperti pada kegiatan Kampung KB dan P2WKSS.

Tujuan Pokja tersebut, menurutnya untuk menciptakan bagaimana menjadi lansia yang tangguh, mandiri, aktif dan bisa berdiri sendiri.” Ini untuk membuat bagaimana jadi Lansia mandiri, tangguh dan berguna bagi lingkungan”, tegasnya.

Sekcam Kecamatan Cipayung Hasan Nurdin, selaku Ketua Pokja Ramah Lansia Kec. Cipayung memaparkan dasar pembentukan Pokja tersebut adalah Perwal No. 3/2016 tengtang Pembentukan Kota Ramah Lansia. Selain itu, juga sesuai Visi Kota Depok dan program ungggulan Depok Kota Bersih, Sehat dan Ketahanan Keluarga.

Baca Juga:  SWI Akan Segera Mendaftar Jadi Konstituen Dewan Pers

“Dengan dibentuknya ini, walaupun kita masih di bawah umur 60 atau pra lansia, kita harus ikut jadi lansia, dapat merasakan lansia, karena Angka Harapan Hidup masyarakat Depok yakni umur 74,4 tahun”, terangnya.

Nurdin berharap, para lansia bisa laksanakan kegiatan dimasyarakat hingga diatas umur 60 tahun. “Yang di harapkan adalah, sehat maka harus jaga kondisi tubuh”, harapnya.

Baca Juga:  Titian Ramadhan: Ibadah Puasa Mengajarkan Etos Kepribadian Manusia

Kasi Kemas Kec. Cipayung Hariyadi menyampaikan, Cipayung merupakan Pokja ke 4 yang dibentuk. Pokja Ramah Lansia bisa di singkronkan pada RW Ramah Anak, untuk menuju Kota Sepok yang sehat.” Setelah dibentuk 5 Kelurahan, nanti pengurusnya baru dikukuhkan dan menyusun program kerja”, tukasnya.*cky

 860 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.