RAT Perdana, Koperasi Sekber Wartawan Sejahtera Diminta Manfaatkan IT

Sekda Kota Depok Hardiono foto bersama usai membuka RAT Koperasi SWS
SUKMAJAYA, planetdepok.com – Guna melaksanakan amanat Undang-undang dan memantapkan langkah ke depan, Koperasi Sekber Wartawan Sejahtera (SWS), menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kamis, (23/7/20) di Balai Latihan Koperasi, Sukmajaya, Depok.

Hadir pada rapat tersebut, Sekda Kota Depok Hardiono didampingi Kadis Koperasi dan Usaha Mikro M. Fitriawan, Kadis Kominfo Sidik Mulyono, perwakilan Kesbangpol Parwoto, Wakil Ketua Dekopindo Muchlas dan Ketua serta Presidiun Sekber Wartawan Kota Depok.

Ketua Pengawas Koperasi SWS Herry Budiman, mengatakan, sesuai acuan Permenkop, RAT maksimal dilaksanakan 6 bulan setelah akhir tahun, namun lantaran kondisi pandemi Covid 19, maka di ijinkan RAT bulan Juli ini. Ia mengisahkan, awal di bentuk SWS adalah di gedung Balatkop, 24 Agustus 2018.

Kinerja pengurus dalam membentuk juga dinilai bagus, pasalnya susah menyelesaikan pembuatan Akte dan ijin Koperasi. Dalam RAT tersebut, ia meminta membahas dan mengesahkan laporan dari pengurus.”Anggota akan bahas rencana RSPBK, mudah-mudahan dengan periode satu semester, bisa berjalan dengan baik”, harapnya.

Wakil Ketua Dekopinda Kota Depok Mukhlas menyampaikan selamat digelarnya RAT perdana Koperasi SWS. Dia juga meminta peran aktif dari anggota Koperasi SWS untuk ikut serta masuk dalam kepengurusan Dekopinda, pasalnya peran wartawan tentu sangat trategis dalam kepengurusan Dekopinda, guna membangkitkan Koperasi di kota Depok dan mewujudkan program pemerintah.

Sidik Mulyono Kadis Kominfo kota Depok, merasa bangga selalu diikut sertakan dalam pembentukan Koperasi wartawan tersebut. Sidik mengatakan, artinya apa yang di rencanakan 2 tahun lalu tidak sia-sia. Diharapkan Koperasi SWS jadi pelopor di kalangan wartawan Depok. Pasalnya banyak organisasi wartawan di Depok tapi belum ada yang bentuk koprasi seperti ini.

Bicara Koperasi dalam masa pandemi covid sekarang ini, Sidik menyampaikan sebenarnya bukan jadi hambatan, justru dapat dijadikan peluang inovasi,yakni kita semakin dekat dengan Informasi Teknologi (IT).

Sidik berpesan, Koperasi SWS bisa branding, dengan merubah paradigma yang semula tradisional, sekarang harus di kemas dengan IT secara profesional.

” Perlu dibentuk sistem yang integrated artinya merambah ke semua sektor, kalau bisa pertemukan antara produsen dengan konsumen. Perlu juga Interconected karena ,kini era revolusi Industri 4.0, jaringan Usaha Koperasi merupakan interconected, sehingga informasi konek dengan pemerintah”, ujarnya.

Kepala DKUM Kota Depok M. Fitriawan saat memberikan sambutan

Kadis DKUM M.Fitriawan mengatakan, meski baru 1 tahun berdiri, namun dengan pemuelengaraan RAT tersebut , membuktikan semangat menunjukkan ingin kinerja yang baik. Dari banyak penilaian, sepertinya Koperasi semacam bukan badan ekonomi yang di seriusin oleh banyak pihak, sehingga banyak Koperasi yang tidak berjalan, lantaran dinilai lenbaga ekonomi yang tidak cocok, padahal Koperasi adalah bapak ekonominya Indonesia.

Fitriawan menyampaikan, Hanya 2 hal agar Koperasi sukses, yakni anggota harus aktif, hingga akan banyak sumbangsih dan inovasi yang diberikan anggota. Perlu juga dirumuskan pemasaran secara digital, semakin banyak yang aktif, maka koperasi bisa lebih peduli dan bisa merumuskan apa yang akan dilakukan ke depan

“Prinsip bangun usaha ramai-ramai, maka hanya perlu modal sedikit, tapi bisnis tidak setiap hari raup keuntungan. Namun usahakan punya nilai ekonomi. Tidak pure bisnis, ada sisi sosialnya juga perlu diterapkan “, gagasnya.

Kedua, anggota sebagai pelanggan setia terhadap usaha Koperasi itu sndri. Sebagai pemodal tapi juga merupakan pelanggan setia yang manfaatkan usaha koperasi itu sndri.

Fitri mengingatkan, dalam RAT, pengurus dan anggota bisa rumuskan rencana apa yang akan dilakukan oleh Koperasi, baik tahun ini maupun tahun berikutnya. “Setelah semua mendengar LPJ pengurus, anggota bisa sampaikan gagasan, hingga koperasi ini berjalan maksimum. Mudah-mudahan Koperasi SWS ini, dapat memberikan manfaat yang besar kepada anggota “, pungkasnya. *cky

 4,282 total views,  1 views today