RT 06 Mekarjaya, Mandiri & Tangguh Ditengah Pandemi C19

MEKARJAYA, planetdepok.com – Warga masyarakat lingkungan RT. 06/01 Kelurahan Mekarjaya Kecamatan Sukmajaya, sudah sepatutnya bangga, pasalnya setelah warga memilih Rasmal A Sikumbang menjadi Ketua RT 06, sejumlah prestasi dan terobosan untuk kesejahteraan warganya dia ciptakan.

Terobosan yang diciptakan untuk 155 KK dan 575 penduduk tersebut menurut Rasmal di antaranya, meraih juara 3 Rumah Bersih, terpilih sebagai Kampung Siaga Tangguh Jaya (KSTJ) dan yang lebih fenomenal yakni program Dari Masyarakat Untuk Masyarakat.

Ketua RT. 06/01 Kelurahan Mekarjaya Kecamatan Sukmajaya Rasmal A Sikumbang, memaparkan, bersama jajarannya dan warga masyarakat senantiasa mengatasi Covid secara kontinue , dengan penyemprotan disinfektan dan memghimbau di grup warga selalu jaga 2i3M.

baca juga:  Sinergitas 3 Pilar Rangkapanjaya Dengan Para Ketua RW Terancam 'Mandul'

“Januari lalu ada 2 warga isolasi di rumah, kita himbau warga untuk bantu makanan dan vitamin agar pasien tidak kemana-mana”, ujar Rasmal, di rumahnya, Senin (1/3/21).

Dia menjelaskan, sekarang RT. 06 bebas Covid dan masuk dalam zona hijau. Hal itu berkat partisipasi warga secara gorong royong, sehingga kini masuk sebagai RT Tangguh Jaya.

“Saya selalu sarankan masyarakat, benar-benar terapkan himbauan dari Walikota, Saya wajibkan warga jika keluar rumah harus pake masker, jika tidak ada keperluan jangan keluar rumah”, utasnya.

Selain sebagai KSTJ yang di pilih oleh Kelurahan lantaran berhasil menekan penyebaran Covid – 19 (C19) dan menjadi zona hijau, tambahnya, RT 06 juga merupakan kampung mandiri.


“Setelah terpilih, saya sebagai ketua RT 06, mengundang rapat semua warga dan staf, lalu terciptalah program dari masyarakat untuk masyarakat, untuk kemandirian dan kesejahteraan warga”, jelasnya.

baca juga:  Menyoal Penanganan Sampah di Ngopi Bareng Sekber

Rasmal menjabarkan, program tersebut berjalan berkat tiap KK yang ada, sama-sama bayar iuran bulanan Rp. 20 ribu, untuk warga yang kontrakan Rp. 10 ribu.

Dari iuran bulanan itu, terang Rasmal, maka setiap warga RT. 06 yang sakit di rawat mendapat bantuan Rp. 400 ribu, sedangkan yang meninggal mendapat bantuan Rp. 1,2 juta.

baca juga:  Kamsul Hasan Dipastikan Menjadi Nara Sumber Diskusi Publik Sekber Wartawan Depok

“Tidak ada yang keberatan, karena program kemandirian ini dari masyarakat untuk masyarakat. Laporan keuangan kas pun tertulis di mading”, katanya.

Selain itu, RT 06 juga rutin memberikan santunan kepada anak yatim dan piatu, janda miskin dan fisabilillah, seperti guru ngaji dan Muazin.

Rasmal menyampaikan, ke depan selalu akan melaporkan semua keuangan kas kepada warga, jika akhir tahun saldo kas masih tersisa, akan kembalikan dalam bentuk sembako atau mengadakan piknik ke luar kota untuk para warga. *cky

 101 total views,  1 views today

%d blogger menyukai ini: