SDA Buat Kajian dan Perencanaan Air Baku Sungai Ciliwung

Depok – Kebutuhan air baku PDAM Tirta Asasta untuk mengaliri asupan air bersih ke pelanggan se Kota Depok sangatlah besar.

Maka PDAM Tirta Asasta bekerjasama Bidang Sumber Daya Air pada Dinas PUPR Depok akan membangun Instalasi pengolahan air baku pada hulu sungai ciluwung

Pembangunan Instalasi Pengolahan air baku itu sabagai bahan masukan air bersih PDAM , Dinas PUPR melalui Bidang SDA sebatas membuat kajian dan perencanaan saja , “Pelaksanaan fisik nanti dilaksanakan oleh pihak PDAM”, ujar Kepala Bidang SDA Citra Indah Lestari Via What APP (20/7)

“Tahun ini baru satu kajian aja untuk diKali pesanggarahan, untuk perencanaan detail ada dipihak PDAM, Setelah hasil kajian itu kelanjutannya diserahkan ke pihak PDAM, mau apa saja untuk langkah selajutnya, ujar Citra.

Sementara ditempat terpisah Direktur Oprasional PDAM Tirta Asasta Supendi S.T mengatakan, tujuan akan dibuatnya instalasi pengolahan air baku untuk meningkatkan kebutuhan akan air bersih PDAM.

“Saat ini Bidang SDA PUPR Depok baru membuat kajian air baku yang ada didepok sebatas informasi kondisi air baku (neraca air, kualitas, kuantitas dll)”ujarnya.

Menurut Supendi, PDAM tirta asasta sendiri,sudah mempunyai IPA (Instalasi Pengolahan Air) yang bersumber dari sungai ciliwung, yaitu di IPA legong dengan kapasitas 620 l/dt dan IPA Citayam kapasitas 360 l/dt.

Maka untuk mengantisipasi kebutuhan pasokan air bersih di tahun mendatang kami sedang lakukan pengurusan SIPA (Surat Izin Pengambilan Air) ke SDA melalui BBWSCC (balai besar wilayah sungai ciliwung cisadane).

“Rencananya untuk meningkatkan IPA legong menjadi 1300 l/dt dan IPA citayam menjadi 540 l/dt untuk mendapatkan asupan air bersih lebih maksimal”.Tutup Supendi. (Aldimas)

 186 total views,  1 views today

%d blogger menyukai ini: