Sejumlah Bus Mudik Terminal Jatijajar Ditemukan Dishub Belum Penuhi Ramp Check

Kadishub Depok Eko Herwiyanto (foto; ist)

Kadishub Depok Eko Herwiyanto (foto; ist)
CILODONG, PLANETDEPOK.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok melakukan pemeriksaan fisik dan pengecekan surat (Ramp Check), untuk membantu menunjang pelayanan mudik lebaran. Namun sayangnya, dalam pengecekan tersebut, terdapat sejumlah bus belum memenuhi kriteria ramp check di Terminal Jatijajar Depok.

“Dishub Kota Depok berusaha membantu Kementerian Perhubungan pada pelaksanaan ramp check dan telah melakukan pengecekan armada bus di Terminal Jatijajar Depok. Dari 180 armada yang kami lakukan ramp check, terdapat sejumlah armada belum memenuhi kriteria,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Eko Herwiyanto, Selasa (19/4/2022).

Sebenarnya, jelas Eko, Dishub telah melakukan ramp check sejak awal Ramadhan hingga 14 April. Dari pengecekan langsung tersebut, terdapat sejumlah bus yang harus melengkapi kelengkapan kendaraan sehingga bus tersebut dapat beroperasi dengan layak saat mudik lebaran.

Baca Juga:  Incumbent Sihabudin (Ucok) Kembali Terpilih Ketua RW 06 Pocin Lagi

“Kami masih menemukan bus yang kaca spionnya pecah dan temuan lainnya,” tegasnya.

Armada bus yang diminta untuk melengkapi kelengkapannya, ungkap dia, akan dilakukan pengecekan kembali, oleh pihak Terminal Jatijajar, sebelum pemberangkatan bus untuk transportasi mudik lebaran.

“H-7 hari raya Idul Fitri semua armada bus, harus sudah melengkapi persyaratan baik fisik maupun surat kendaraan,” utasnya.

Baca Juga:  Perencanaan Amburadul, Pekerjaan Drainase Di RW 01 Cimanggis Asal Jadi

Dalam persiapan mudik lebaran, Dishub Kota Depok berusaha membantu memberikan pengawasan terhadap kelayakan bus, sebagai salah satu transportasi yang banyak digunakan pemudik saat lebaran.

“Kami juga berkoordinasi dengan pihak terminal maupun Kemenhub, terkait mudik lebaran,” ucapnya.

Selain itu, Dishub juga telah mensosialisasikan terkait pelayanan mudik gratis yang diselenggarakan Kemenhub dengan mendaftar melalui website mudikgratis.dephub.go.id. Kota Depok menjadi salah satu kota yang akan memberangkatkan mudik lebaran.

“Sudah kita sosialisasikan mudik gratis, sekitar 48 bus yang disediakan,” tuturnya.

Masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis tahap kedua Kemenhub, kata Eko, dapat mendaftarkan diri dan melengkapi dokumen kependudukan. Selain itu, pemudik telah melakukan vaksinasi dosis lanjutan setelah melengkapi vaksin dosis kedua.

Baca Juga:  Musrenbang Harjamukti, Optimalkan Anggaran Untuk Menu Wajib

“Untuk kota tujuan mudik gratis meliputi sejumlah Kota wonogiri, Semarang, Purwokerto dan sejumlah kota lainnya,” pungkasnya. *iki

 86 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.