Sekda Kota Depok, Nuzulul Qur’an Atau Malam Lailatul Qadar Malam Penuh Kemuliaan dan Keberkahan di Bulan Ramadan

planetdepok.com – Depok
Nuzulul Qur’an adalah peristiwa turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad Rasulullah SAW. Ini merupakan kejadian yang sangat esensial dalam sejarah peradaban Islam yang terjadi di bulan suci Ramadan. Peristiwa ini terjadi pada malam ke-17 di bulan Ramadan.

“Hikmah memperingati nuzulul Qur’an dilakukan dalam rangka menghayati dan mengamalkan ajaran yang terkandung dalam al-Qur’an untuk dipraktekkan ke dalam kehidupan sehari-hari,” kata Sekretaris Daerah Kota Depok H. Supian Suri, usai menghadiri acara peringatan Nuzulul Quran 1443 H/2022 Masehi tingkat Kota Depok, di Aula Teratai, Balaikota, Selasa (19/04/22).


Menurut Pria yang akrab di sapa Bang SS ini menyampaikan, Nuzulul Qur’an berhubungan erat dengan lailatul Qadar atau merupakan malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan di bulan Ramadan, bisa dimaknai Nuzulul Quran sebagai momentum untuk mengintrospeksi diri. Yakni bagaimana mengamalkan dan akrab dengan Al-Quran.
“Kalau kata profesor Quraish Shihab sudah sejauh mana kita membumikan Al-Quran dalam kehidupan kita sehari-hari, mudah-mudahan momentum ini menjadi motivasi lagi buat kita untuk terus memedomani Al-Quran,” ucap Supian.

Supian Suri juga menyampaikan, 27 April mendatang Kota Depok akan menginjak usia yang ke-23 tahun. Hal ini, tidak lepas dari peran dari seluruh masyarakat.
“Untuk itu, atas nama Pemerintah kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Kota Depok, kepada seluruh Forkopimda, kepada seluruh stakeholder, tokoh-tokoh masyarakat atas semua kebersamaan yang dibangun sampai Depok pada usia ke 23 ini,” tuturnya.

Keutamaan malam nuzulul Qur’an tambah Supian Suri, yaitu untuk mendapatkan pahala dan berkah dari Allah SWT. Umat muslim mengharapkan diampuni segala dosa dan pahala yang berlipat ganda.


“Jadi apa yang harus kita lakukan pada malam nuzulul Qur’an yaitu mari Itikaf atau berdiam diri di masjid dengan membaca Al-Qur’an, berzikir, berdoa, melaksanakan salat malam seperti tahajut, hajat, dan lain sebagainya, Memperbanyak salat malam dan Memperbanyak berdoa,” pungkasnya. (adi).

 87 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga:  Berikan Donasi Kemanusiaan, SDN Curug 02 Dapat Penghargaan PMI Kota Depok