Semua Elemen Tanggap Bencana Diminta Kuasai 3 Aspek Kebencanaan

Wikota Depok Mohammad Idris. (Foto:ist)

Wikota Depok Mohammad Idris. (Foto:ist)
BALAIKOTA, PLANETDEPOK.COM – Wali Kota Depok Mohammad Idris meminta kepada semua elemen tanggap penanggulangan bencana, menguasai 3 aspek kebencanaan.

“Ketiga aspek tersebut adalah pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan”, ujarnya saat menjadi Inspektur Upacara Apel Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi, di lapangan Balai Kota Depok, Senin (15/11/2021).

Semua elemen dari tanggap penanggulangan bencana, kata dia harus menguasai paling tidak tiga aspek kebencanaan tersebut.

Baca Juga:  Sejumlah PAC Hanura Depok Dukung Muscablub

Lebih jauh dia menguraikan, aspek yang pertama, pencegahan bencana. Itu merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan sebagai upaya untuk menghilangkan atau mengurangi ancaman bencana.


“Aspek kedua, mitigasi bencana, dimana serangkaian upaya dilakukan untuk mengurangi risiko bencana melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan dalam menghadapi ancaman bencana,” imbuhnya.
Baca Juga:  Terungkap, Afifah Diduga Lakukan Pembohongan Publik

Lanjutnya, aspek ketiga, kesiapsiagaan bencana. Serangkaian kegiatan yang dilakukan melalui pengorganisasian melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna.

“Adapun aktor atau pelaku penanggulangan bencana adalah mereka yang berkolaborasi pentahelix. Yaitu, pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi, media dan forum pengurangan risiko bencana,” pungkasnya. *iki

 98 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga:  SWI Depok Sambangi DPRD Bahas Kerjasama Media Massa