SPAM Non Perpipaan DPUPR Bantu Warga Kemirimuka Dapatkan Air Bersih

Ketua RT 08/03 Kemirimuka menunjukkan meteran SR yang baru terpasang (foto: riki)

Ketua RT 08/03 Kemirimuka menunjukkan meteran SR yang baru terpasang (foto: riki)
KEMIRIMUKA, PLANETDEPOK.COM – Pekerjaan Pengembangan Infrastruktur Air Bersih Non Perpipaan Kelurahan Kemirimuka Kecamatan Beji, berupa penambahan Saluran Rumah (SR) dan pompa pendorong tengah dikerjakan.

Dengan adanya itu, warga merasa terbantu, untuk mendapatkan air bersih layak minum, yang disediakan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tersebut.

Pekerjaan pengembangan infrastruktur yang tengah dikerjakan oleh CV. Sayaga Mandraguna, di wilayah RW 03 Kelurahan Kemirimuka, Beji itu, merupakan kegiatan Perluasan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Jaringan Perpipaan Dikawasan Perkotaan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, yang dananya bersumber dari APBD Kota Depok Tahun Anggaran 2022.

Baca Juga:  Pembangunan Kantor Kelurahan Rangkapanjaya Terkendala Penyediaan Lahan

Ketua RT 08/03 Kelurahan Kemirimuka Dahlan, di lokasi kegiatan mengatakan, dengan adanya penambahan SR sebanyak 52 unit dan pompa pendorong, semakin membantu warganya untuk mendapatkan air bersih yang layak minum.

“Warga sangat bersyukur, dengan adanya perluasan jaringan atau penambahan SR dan mesin pompa, makin banyak warga RW 03 ini mendapatkan air bersih yang layak,” ungkapnya, Kamis (18/8/2022).

Ia menyampaikan, sebelum adanya SPAM tersebut, warga kesulitan mendapatkan air bersih, lantaran lokasi yang berada dekat kali Ciliwung, sehingga kualitas air sangat buruk buat dikonsumsi.

“Bahkan kalau musim kemarau, air pompa sumur sulit kita dapatkan, walaupun tidak kering tapi kami lama menunggu airnya naik. SPAM ini sungguh sangat membantu warga kami,” tukasnya.

Baca Juga:  Musrenbang Cilangkap Prioritaskan Kegiatan Langsung Menyentuh Masyarakat

Ditempat sama, Pengelola SPAM RW 03 Kelurahan Kemirimuka Dani juga menyatakan, perluasan atau penambahan SR dan Pompa pendorong semakin membantu banyak warga sekitar dapatkan air bersih. Pasalnya, air dilokasi tersebut, sering tidak bisa dipakai warga.

“Air pinggir kali Ciliwung ini berkarat, tidak bisa dipake, airnya mengandung belerang. Maka sangat perlu bagi warga sini bantuan air bersih dari Pemerintah seperti yang sedang dikerjakan ini,” tuturnya.

Pekerjaan penambahan SR RW 03 tersebut, paparnya, mencakup warga RT. 08, 03 dan 06, dengan total penambahan 52 SR, sedangkan penambahan Saluran utama sepanjang 200 meter.

Baca Juga:  Warga RW 01 Kelurahan Mekarjaya Terima Bansos Tunai

“Jadi total keseluruhan rumah yang sudah teraliri SPAM ini sebanyak 152 SR. Hari ini sudah hampir rampung pekerjaannya, tadi juga baru datang pompa pendorongnya, tinggal mereka pasang,” pungkasnya. *iki

 137 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.