Tingkatkan Kapasitas Kader Posyandu, Pemkot Depok Gelar Pelatihan

 36 total views,  1 views today

DEPOK, PLANET DEPOK. COM – Wali Kota Depok, Mohammad Idris kembali mengingatkan akan pentingnya peran dan keberadaan posyandu bagi masyarakat.

“Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat”, ujarnya, Rabu (18/8/21), saat membuka kegiatan pelatihan penguatan kader Posyandu se-Kota Depok dalam pencegahan dan penanganan stunting, secara virtual,

baca juga:  Warga Rangkapanjaya Sanggah Peta Bidang Lahan Tol

Semua itu, lanjutnya dalam rangka memberdayakan masyarakat, memberikan kemudahan-kemudahan kepada mereka dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar ibu, anak, bayi dan balita.

Stunting pada bayi dan balita, kata dia merupakan permasalahan gizi kronis yang membutuhkan penanganan secara komprehensif dan melibatkan berbagai sektor.

Maka dari itu, imbuhnya, salah satu upaya penanganan stunting ialah dengan mengoptimalkan pada kondisi 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) anak, yang dapat dilaksanakan di Posyandu.

baca juga:  PDAM Tirta Asasta Segera Bangun Water Tank Kapasitas 4 Juta Liter

“Sehingga Posyandu dalam hal ini merupakan lembaga yang sangat strategis pemanfaatannya, untuk bisa mencegah stunting. Lalu, juga melakukan upaya-upaya guna mewujudkan zero stunting di Kota Depok,” tekannya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, menurut Idris saat ini terus berupaya melakukan peningkatan kapasitas para kader Posyandu. Salah satunya dengan mengadakan program-program pelatihan guna meningkatan pengetahuan dan pengalaman kader Posyandu secara berkala.

baca juga:  Musrenbang Cilangkap Prioritaskan Kegiatan Langsung Menyentuh Masyarakat

“Untuk itu, saya berharap, para kader Posyandu dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik, sehingga implementasinya nanti di lapangan dapat berjalan dengan baik juga,” harapnya. *cky

%d blogger menyukai ini: