Ekbis  

Tingkatkan Kesejahteraan Warga, Pemkot Depok Ekspor Produk IKM ke Eropa

BALAIKOTA, PLANETDEPOK.COM – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok, Elly Farida mengakui, keberhasilan mengekspor produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) ke Eropa, berkat kolaborasi antar berbagai Perangkat Daerah (PD), yakni Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) yang terus mendorong peningkatan kualitas produk IKM.

Bersama dua PD tersebut, kata dia, pihaknya terus bersinergi untuk memenuhi kebutuhan dari para pelaku IKM dan UMKM. Di antaranya melalui pelatihan-pelatihan yang mendorong pengembangan inovasi, sehingga bisa menghasilkan produk yang berkualitas.

“Selain pelatihan, kami juga menjalin kerja sama dengan UNIQLO untuk membantu penjualan produk IKM di gerainya. Alhamdulillah, sekarang tembus ke pasar global,” ujarnya, Selasa (14/9/21).

Baca Juga:  Ketua DPRD Kota Depok Ingatkan Warga Beji Mulai Lakukan Pemberdayaan Ekonomi

Dengan diekspornya produk IKM Depok ke Eropa, tambah Bunda Elly sapaannya, juga bagian dari upaya mewujudkan dua Visi Kota Depok, yakni Maju dan Sejahtera. Meski sedang masa pandemi Covid-19, tambahnya, tidak menghalangi semangat pengrajin untuk berinovasi.

Baca Juga:  Komunitas UCC Sosialisasi & Dampingi Sertifikasi Halal

Ke depan, dia berharap akan muncul pengrajin-pengrajin lainnya yang dapat memasarkan produknya ke pasar global. Pasalnya, selain 13 pelaku IKM yang berhasil mengekspor produknya kemarin, ada beberapa produk lainnya yang juga telah menembus pasar luar negeri.

“Mudah-mudahan dengan adanya program ini dapat menjadi daya pikat agar IKM tingkatkan produk yang berkualitas dan naik kelas,” pungkasnya. *cky

 3,956 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga:  Vaksin Dosis Kedua Digelar PDAM Depok