Titian Ramadhan: Tilawatil Qur’an & Zikir Sebagai Amalan Ta’abbudi di Bulan Ramadhan


Oleh: DR. KH. Mohammad Idris, Lc, MA

Amalan ibadah ritual adalah Tilawatil Quran, Rasulullah SAW menganjurkan kepada kita untuk melakukan Tilawatil Quran, bacalah Al-Quran, kerena setiap huruf dalam bacaan kalian dari Al-Quran merupakan satu kebaikan yang diberikan Allah SWT.

Dalam sejarah Islam, para Salafus Saleh pada bulan Ramadan berlomba-lomba untuk khatam Al-Quran. Bahkan, dikisahkan mereka mampu melakukan khataman Al-Quran setiap hari selama bulan Ramadan.

Baca Juga:  Anggota DPRD Jabar Hasbullah Rahmad: Stop!! Anarkisme Terhadap Wartawan

Subhanallah, yang mungkin ini sulit atau tidak bisa kita lakukan, tapi ini sebuah motivasi, sebuah anjuran yang memang kita digesa, dimotivasi, dipacu untuk berlomba-lomba membaca Al-Quran.

Amalan Ta’abbudi selanjutnya yaitu memperbanyak wirid dan zikir. Sebab, dengan melakukan wirid dan zikir, dapat memperkuat spiritual, mental, serta ketergantungan kepada Allah SWT.

Baca Juga:  Walikota Depok Serahkan Sertifikat Terminal Jatijajar Setelah Setahun Beroperasi

Orang yang tidak pernah ingat Allah SWT, ini dikatakan oleh para ulama sebagai orang yang sombong dalam kehidupannya.

Seakan-akan mereka tidak punya tempat bersandar dan tidak menjadikan Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa sebagai tempat mengadu, tempat bersandar dalam seluruh permasalahan kehidupannya.

 141 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga:  Tiga Srikandi Siap Gelar HUT ke - 4 Sekber Wartawan Kota Depok