Vakum 2 Tahun Samsat Depok & Cinere Kembali Gelar Operasi Gabungan

Obgab Samde & Samci (foto: wnd)

Obgab Samde & Samci (foto: wnd)
GDC, PLANETDEPOK.COM – Program Operasi Gabungan (0pgab) kembali digelar Samsat Depok dan Samsat Cinere setelah 2 tahun vakum akibat pandemi covid-19.

Opgab digelar di pintu gerbang Perum Grand Depok City (GDC), Pancoran Mas dengan melibatkan personil Satlantas Polrestro Depok, Dishub, Polisi Militer, Jasa Raharja, BKD Kota Depok, dan Bank Bjb.

Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Wilayah Depok I, Dadi Darmadi mengatakan, inti dari operasi gabungan ini adalah sosialisasi kepada wajib pajak tentang kewajibannya dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

“Saat ini kondisi sudah semakin membaik, karena itu kita ingatkan kembali kepada wajib pajak tentang kewajibannya membayar pajak. Karena pajak yang dibayarkan merupakan salah satu sumber pendanaan pembangunan daerah,” ujarnya, Selasa (7/6/2022).

Baca Juga:  Buka 2 Gerai Vaksinasi Merdeka, Polsek Beji Sasar Usia 18 Sampai 60 Tahun

Dijelaskan Dadi, opgab itu juga merupakan salah satu upaya untuk mencari informasi bagi kendaraan yang tidak membayar pajak.

“Kenapa mereka belum melunasi pajak kendaraanya, mungkin tidak ada uang, atau kurangnya kesadaran membayar pajak. Dengan opgab ini nanti akan terjaring dan kita mendapat informasi yang jelas,” katanya.

Dadi berharap dengan opgab ini informasi tentang pajak daerah bisa tersosialisasikan kepada masyarakat sehingga tingkat kesadaran membayar pajak meningkat.

“Terakhir tentunya dapat mengurangi jumlah KTMDU sehingga dana bagi hasilnya lebih baik lagi bagi Kota Depok,” harapnya.

Baca Juga:  Kodim 0508/Depok Terima Hibah Pemkot Depok

Untuk diketahui, pada tahun 2021 lalu. Dana bagi hasil pajak kendaraan bermotor dari Samsat Depok dan Cinere untuk Pemkot Depok mencapai sekitar 450 miliar.

“Potensi pajak saat pandemi covid saja sebesar itu. Apalagi saat ini kondisinya sudah membaik, Insya Allah pendapatan untuk Kota Depok semakin bertambah,” tuturnya.

Ditempat yang sama Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Wilayah Depok II Cinere, Hj Enih Sri Murni menambahkan, digelarnya Opgab bisa menjadi shokterapy bagi penunggak pajak sehingga diharapkan dapat mengurangi wajib pajak yang tidak taat pajak

“Setidaknya opgab ini bisa mengurangi KTMDU,” tandasnya.

Hadir dalam Opgab tersebut, Kanit Samsat Depok AKP Riskina Damayanti, Wakasatlantas Polrestro Depok Kompol David Purba, Kadishub Eko Herwiyanto, Kepala Perwakilan Jasa Raharja Bogor, Baskara, perwakilan Bjb Kiki,

Baca Juga:  Polsek Panmas Rapid Test Warga RW 12 Cipayung

Pamin STNK Iptu Iwan, Kasi Pentag Samsat Depok Saefudin, Kasi Pepen Samsat Depok Freddy Hermanto, Kasi Pentag Samsat Cinere, Kuswanto dan perwakilan JR Samsat Depok Indra. *iki

 99 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.