Video Aksi Bullying Siswa SD Viral, Walikota Depok Kontan Beri Pendampingan Psikologis

Mohammad Idris (foto: ist)

Mohammad Idris (foto: ist)
DEPOK, PLANETDEPOK.COM – Viralnya video aksi bullying yang menimpa siswa SD di wilayah Depok pada sejumlah Medsos, membuat Wali Kota Depok, Mohammad Idris kontan mengambil langkah cepat melakukan penanganan peristiwa tersebut, dengan memberikan pendampingan.

“Kami telah memerintahkan untuk tetap melakukan pendampingan psikologis dan pedagogis kepada pelaku dan korban. Juga, Komunikasi kepada keluarga korban untuk berkoordinasi dalam pendampingan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/4/2022).

Melalui langkah tersebut, Idris harapkan Polres Metro Depok, dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan bijak dan mereka saling menyadari dan memaafkan, sehingga kasus tersebut tidak berkelanjutan dan tidak terulang kembali.

“Terimakasih juga kepada Dinas P3AP2KB, yang bertindak cepat atas laporan kejadian dan klarifikasinya,” paparnya.

Baca Juga:  Sekda Depok Sampaikan Fase PSBB Proporsional Kepada Kader Posyandu Kasih Ibu

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Nessi Annisa Handari mengungkapkan, pihaknya menerima informasi terkait kasus tersebut pada, Kamis kemarin.

Dari informasi itu, pihaknya sontak akukan koordinasi ke Dinas Pendidikan, guna mendalami kejadian tersebut.

“Saat itu Disdik langsung melakukan penelusuran terkait kejadian tersebut, kemudian Disdik melakukan konfirmasi ke pihak sekolah. Pada, Jumat (22/4), kami bersama Disdik dan Polres melakukan penjangkauan ke sekolah untuk mendapatkan informasi secara utuh terkait kejadian itu,” bebernya.

Dari informasi yang digali, pihaknya telah mendapatkan informasi baik dari korban, pelaku dan anak yang menyaksikan serta yang merekam kejadian itu.

Baca Juga:  UPT Pasar Kemiri Muka Depok Swap Para Pedagang

“Setelah pertemuan itu, kami melakukan pendampingan terhadap anak-anak ini, baik yang menjadi korban, pelaku dan yang menyaksikaan saat itu dan memvideokan, kami dampingi secara psikologis,” sambungnya.

Kejadian tersebut, diharapkannya tidak menimbulkan kepribadian yang kurang baik dari anak-anak tersebut, sehingga pihaknya akan lakukan pendampingan agar mereka bisa tumbuh menjadi anak-anak yang berkepribadian baik.

Kedepan, kata Nessi, untuk aksi pencegahan, pihaknya terus melakukan edukasi yang selama ini telah berjalan secara massif di sekolah-sekolah SD, SMP maupun SMA , yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan.

“Kami sudah laporkan ke Pak Wali Kota, arahan dari beliau kami langsung tindaklanjuti termasuk pendampingan kepada pelaku, korban dan yang menyaksikan. Termasuk anak-anak yang ada di sekolah tersebut agar tidak terpengaruh dengan aksi itu,” katanya.

Baca Juga:  Wujudkan Ketahanan Pangan, BBI Kota Depok Salurkan 2.500 Benih Ikan Konsumsi

Dengan begitu, lanjutnya, orang tua nantinya juga bisa melakukan pendampingan bersama dengan pihaknya.

“Kami juga berikan edukasi kepada orang tua mereka,” ungkapnya.

Sebelumnya, aksi bullying terhadap siswa sekolah dasar terjadi di wilayah Depok. Aksi itu dilakukan oleh teman korban dan videonya viral di media sosial. *iki

 73 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.