Warga Harjamukti Diajari Membuat P2L

Harjamukti, Planetdepok.com – Sebanyak 30 warga yang tergabung dalam Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Pondok Lele Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis mendapatkan pelatihan Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan edukasi kepada masyarakat terkait budidaya lele.

“Edukasi ini kami berikan untuk Kelompok Pondok Lele yang ada di RW 06, seluruh komponen dilibatkan dengan harapan dapat terus membudidayakan lele untuk meningkatkan penghasilannya,” tutur Lurah Harjamukti, Sukmara Wirakusumah, usai Pelatihan P2L di aula Kantor Kelurahan Harjamukti, Kamis (6/10/2022).

Baca Juga:  Kejar Target, 2021 Pemkot Depok Akan Jadikan 16 Kelurahan ODF

Lurah Sukmara menambahkan, budidaya lele juga dapat membantu mencegah stunting. Karena semakin banyak lele yang dihasilkan dan dapat dikonsumsi masyarakat.

“Ada tambahan gizi saat konsumsi lele dan dapat mencegah stunting pada anak,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kelurahan Harjamukti Aris Wardhana mengungkapkan, kegiatan pelatihan ini rutin dilakukan setiap tahunnya. Dengan menggandeng Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Depok untuk memberikan materi.

Baca Juga:  Agustus Mendatang Diskarpus Depok Bakal Tambah Ribuan Buku

Dirinya mengungkapkan, pelatihan P2L dilakukan melalui pemanfaatan lahan pekarangan, lahan tidur, dan lahan kosong yang tidak produktif. Sebagai penghasil pangan dalam memenuhi pangan dan gizi rumah tangga.

“Serta dapat berorientasi pasar untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga,” tambahnya.

Aris berharap, para pengurus Pokdakan Pondok Lele di Kelurahan Harjamukti mampu menumbuhkan semangat baru. Termasuk, menguatkan karakter para kelompok usaha serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Baca Juga:  Walikota Depok Desak Kementerian PUPR Bangun Jalan Pendamping Tol Depok

“Juga ke depannya dapat bersinergi dengan Pemerintah Kota Depok demi mewujudkan Depok yang Maju, Berbudaya, dan Sejahtera,” pungkasnya. *iki

 28 kali dilihat

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: planetdepok.com@gmail.com Terima kasih.